sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
Minggu, 15 Mar 2020 13:08 WIB

Telkomsel dan Indosat Ooredoo terapkan kebijakan kerja dari rumah

Penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin meluar membuat banyak perusahaan memberlakukan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah secara remote.

Telkomsel dan Indosat Ooredoo terapkan kebijakan kerja dari rumah
Source: Pexels

Penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin meluar membuat banyak perusahaan memberlakukan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah secara remote. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Telkomsel telah mengeluarkan kebijakan proses kerja karyawan secara remote.

"Telkomsel telah mengeluarkan kebijakan untuk proses kerja karyawan secara remote untuk membagi konsentrasi berkumpulnya karyawan dengan pembagian lokasi bekerja di beberapa kantor cabang, termasuk potensi untuk bekerja dari rumah. Kebijakan ini diberlakukan dengan tetap memastikan layanan untuk pelanggan tetap terjaga sesuai prosedur standar yang berlaku," kata Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.

Tak hanya itu, Indosat Ooredoo pun melakukan hal yang sama melalui program iWork yang sudah dijalankan sejak 2016. Program iWork di Indosat Ooredoo sendiri memungkinkan karyawan bekerja secara mobile baik dari rumah atau pun lokasi lainnya di luar kantor. Fasilitas ini dilengkapi dengan aplikasi Digi Office, dimana karyawan menginformasikan lokasi iWork dan pekerjaan apa yang dilakukan pada saat itu

"Terkait dengan merebaknya kasus Covid-19 ini, perusahaan mengimbau karyawan menggunakan fasilitas iWork sesuai kebutuhan dengan tetap menjaga performansi pekerjaan masing-masing terutama berkaitan dengan kelangsungan layanan bagi pelanggan agar tetap berjalan dengan baik. Perusahaan selalu berupaya untuk melindungi dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawannya dalam bekerja," kata Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo kepada Tek.id.

Sementara itu Tri Indonesia menerapkan dua kebijakan, mencakup in office dan out of office work termasuk work from home. "Dalam waktu dekat kita akan mulai dengan split 2 tim di 2 kantor fisik yang berbeda. Ditambah lagi SOP khusus untuk operasi dan maintenance," ujar Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia (Tri), Danny Buldansyah.

Dia juga menyebut Tri Indonesia melakukan batasan pertemuan langsung baik dengan internal maupun eksternal perusahaan.

Lain dengan beberapa operator di atas, Smartfren dan XL Axiata sejauh ini masih bekerja seperti biasa. Kendati demikian, kedua perusahaan melakukan berbagai upaya secara internal untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kami masih bekerja seperti biasa, namun selalu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan beberapa simulasi & persiapan demi menjaga keselamatan & kesehatan karyawan beserta keluarganya. Dan dengan simulasi ini, kami telah siap melakukan penyesuaian kebijakan bilamana dibutuhkan, sejalan dengan aturan yg berlaku," kata Tri Wahyuningsih - Group Head Corporate Communication XL Axiata

Share
×
img
×
tekid
back to top