Televisi LG sudah bisa akses Google Assistant

Menggunakan perintah suara, Anda dapat mencari dan memutar konten. Misalnya, via layanan streaming, dan mengontrol pengaturan televisi

Televisi LG sudah bisa akses Google Assistant Foto: Sarah Tew/CNET

Asisten digital dari Google kini tersedia di televisi LG OLED dan Super UHD LCD keluaran tahun 2018. Dilansir dari Cnet (8/5), kemampuan tersebut pertama kali diumumkan pada ajang CES 2018 yang memungkinkan televisi dengan model OLED C8 untuk dapat menerima perintah suara lewat mikrofon yang terintegrasi pada remote control. Tentu saja televisi tersebut dapat berbicara balik dengan Anda seperti layaknya Google Assistant.

Menggunakan perintah suara, Anda dapat mencari dan memutar konten. Misalnya, via layanan streaming, dan mengontrol pengaturan televisi. Dipadukan dengan teknologi LG ThinQ, televisi ini juga dapat mengontrol perangkat yang terhubung seperti sound bar, mengubah mode gambar atau mematikan televisi itu sendiri. Perintah suara seperti, “Cari soundtrack dari film ini” atau “Matikan televisi ketika acara selesai” juga dapat dilakukan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Nasib Pay TV di Indonesia: hidup susah mati tak mau

Lebih baik dari OLED, teknologi TV MicroLED akan jadi mainstream

Sony luncurkan TV 8K 98 inci seharga mobil mewah


Seperti Googhle Assistant pada Google Home atau speaker lainnya, perintah suara pada televisi dapat mengontrol lampu, termostat, robot penghisap debu dan perangkat smart home yang mendukung lainnya. LG juga mengklaim bahwa sistem tersebut kompatibel dengan hampir 100 perabot pintar milik LG sendiri. Anda dapat bertanya kepada televisi untuk cuaca, mencari bisnis lokal atau menampilkan Google Photo pada layar.

Pengguna speaker Google Home juga dapat tidak mengandalkan remote control televisi sepenuhnya, cukup berbicara kepada smart sepaker tersebut, asalkan terhubung ke televisi, dapat mengakses fungsi televisi. Televisi LG terbaru juga dapat berfungsi dengan perangkat Alexa menggunakan API Home Entertainment milik Amazon dan kemampuan LG ThiQ.

LG bukan yang pertama mengintegrasikan Google Asistant di perangkat elektroniknya. Televisi Sony, yang menggunakan sistem operasi Android TV, adalah televisi pertama yang menawarkan integrasi Google Assistant pada bulan November 2017 lalu. Perangkat streaming Nvidia Shield TV menambahkan dukungan Google Assistant pada bulan September 2017.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: