sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 20 Jun 2022 11:19 WIB

Telegram rilis langganan premium, ini fitur yang ditawarkan

Tingkat premium atau lebih mudahnya Telegram Premium menambahkan berbagai fitur, salah satunya kemampuan mengirim dokumen sebesar 4GB.

Telegram rilis langganan premium, ini fitur yang ditawarkan
Source: Getty Images / Jakub Porzycki / NurPhoto

Telegram meluncurkan langganan tingkat premium yang menawarkan fitur-fitur tambahan dan peningkatan pengalaman aplikasi. Meski belum mengungkapkan biaya langganannya, namun layanan ini kemungkinan akan berkisar USD5 hingga USD6 atau sekitar Rp70-80 ribuan.

Tingkat premium atau lebih mudahnya Telegram Premium menambahkan berbagai fitur, salah satunya kemampuan mengirim dokumen sebesar 4GB. Untuk diketahui, pengguna reguler hanya bisa mengirim dokumen sebesar 2GB. Fitur layanan ini juga mendukung unduhan yang lebih cepat, kata Telegram dikutip dari TechCrunch (20/6).

Pelanggan yang membayar juga dapat mengikuti hingga 1.000 saluran, naik dari 500 saluran yang ditawarkan kepada pengguna gratis. Folder obrolan kini dapat diisi sebanyak 200 obrolan dengan maksimal 20 folder yang dapat dibuat. Selain itu, pengguna Telegram Premium juga dapat menambahkan hingga 4 akun di aplikasi dan menyematkan hingga 10 obrolan.

Menurut Telegram, langkah ini dilakukan untuk menjaga perkembangannya “terutama didorong oleh penggunanya, bukan pengiklan.” Ini juga pertama kalinya aplikasi pesan instan menawarkan layanan premium berbayar, diantara persiang utama seperti Signal, WhatsApp, Facebook Messenger, Apple's Messages dan Google's Messages.

Beberapa analis sebelumnya berharap Telegram dapat memonetisasi platform melalui proyek token blockchain-nya. Tetapi setelah beberapa kali penundaan dan masalah peraturan, Telegram menyatakan pada tahun 2020 telah meninggalkan proyek dan menawarkan untuk mengembalikan USD1,2 miliar yang sudah dikumpulkan dari investor. 

Pada Maret 2021, Telegram mengumpulkan lebih dari $1 miliar dari sejumlah investor termasuk Mubadala dan Mitra Katalis Abu Dhabi dengan menjual obligasi konversi pra-IPO 5 tahun. Saat ini, Telegram telah mengumpulkan lebih dari 700 juta pengguna aktif bulanan.

Tag
Share
×
tekid
back to top