sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Kamis, 19 Mar 2020 17:49 WIB

Tangkal corona, Kemenkominfo siapkan chatbot di WhatsApp

Kemenkominfo bekerja sama dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group untuk mengembangkan chatbot WhatsApp yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id.

Tangkal corona, Kemenkominfo siapkan chatbot di WhatsApp

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan beberapa langkah kebijakan dan kegiatan dalam rangka memberikan dukungan layanan prima telekomunikasi dan penyiaran untuk mengatasi penyebaran virus corona (Covid-19). Kemenkominfo berkoordinasi dengan operator telekomunikasi bahwa akses data situs resmi Covid-19 https://www.covid19.go.id/ digratiskan dimulai per tanggal 23 Maret 2020. Pelanggan tidak akan dikenakan kuota ketika mengakses situs tersebut.

Kemenkominfo juga mengimplementasikan secara efektif protokol informasi publik penanganan pandemi Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Dukungan ini berupa penyediaan kanal informasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan informasi penanganan pandemi Covid-19. 

Kanal informasi yang sudah aktif antara lain SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Swasta baik radio maupun televisi serta informasi yang disediakan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP), dan Penyedia Jasa Media online dalam bentuk banner online.

Akses ke Nomor Pelayanan Darurat 117 pun diatur bebas pulsa yang secara ekslusif digunakan oleh BNPB dan meminta operator telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin. Untuk aplikasi pesan instan, Kemenkominfo bekerja sama dengan WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group untuk mengembangkan chatbot WhatsApp yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id. Nomornya WhatsApp chatbot itu sendiri akan dipublikasikan secepatnya.
 
Masyarakat dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut guna memperoleh informasi secara interaktif yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes RI. Sosialisasi akun chat resmi ini akan dilakukan melalui Lembaga Penyiaran, SMS blast, banner di media online dan flyers.

WhatsApp sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid19. Kemenkominfo akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp-nya. Whatsapp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni  Indonesia dan Singapura. Uji coba chatbot WhatsApp terkait Covid-19 akan dimulai besok, Jumat (20/3).

Share
back to top