Tak hanya NVIDIA, AMD juga bakal dukung Ray Tracing

AMD baru akan mendukung teknologi Ray Tracing melalui hardware saat meluncurkan GPU dengan RDNA generasi selanjutnya.

Tak hanya NVIDIA, AMD juga bakal dukung Ray Tracing Ray Tracing AMD (Extremetech)

Teknologi Ray Tracing saat ini menjadi buah bibir para gamer di seluruh dunia. Tren ini dimulai pada saat Nvidia memperkenalkan jajaran GPU RTX mereka, yang memiliki menawarkan teknologi tersebut di dalam GPU mereka.

Namun ternyata, saat ini tidak hanya Nvidia saja yang akan memiliki teknologi tersebut. Hal ini dikarenakan AMD belakangan ini sudah mulai membicarakan memasukkan teknologi tersebut di dalam GPU mereka.


BACA JUGA

Bocoran harga Nvidia RTX Super mencuat, bersaing dengan AMD

Nvidia bakalan punya jajaran GPU RTX Super

Ini harga Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT ‘Navi’


Dan benar saja, pada saat meluncurkan dua GPU terbaru mereka, yakni Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT, AMD membicarakan sedikit mengenai Ray Tracing. Kabarnya, mereka sudah mengembangkan suite mereka sendiri untuk mendukung Ray Tracing.

Menurut visi mereka, arsitektur GCN dan RDNA saat ini akan sudah dapat mendukung menjalankan teknologi Ray Tracing. Mereka dapat melakukannya di level shader melalui teknologi ProRender.

Saat ini, modul ProRender sebagian besar sudah diselesaikan dan akan segera didistribusikan kepada para pengembang gim. Sayang, masih belum diketahui kapan kita akan dapat merasakan Ray Tracing di GPU AMD.

Wccftech (11/6/2019) melaporkan, dalam RDNA generasi berikutnya yang seharusnya diluncurkan pada 2020 yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm +, AMD akan membawa Ray Tracing yang didukung perangkat keras dengan efek pencahayaan tertentu untuk gaming real time.

AMD juga akan memungkinkan Ray Tracing adegan penuh yang akan dimanfaatkan melalui komputasi awan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Intel AMD GPU