Tak hanya buat gim, Unreal Engine bisa dipakai ciptakan film Hollywood

Unreal menunjukkan bahwa Game Engine bukan hanya bisa menciptakan gim dengan grafis menakjubkan, namun juga film sekelas Hollywood.

Tak hanya buat gim, Unreal Engine bisa dipakai ciptakan film Hollywood Rebirth

Saat ini, para pengembang gim menciptakan sebuah Game Engine yang dapat menghasilkan gim  berkualitas tinggi. Apa lagi, saat ini teknologi pencahayaan Ray Tracing mulai merambah dunia gim.

Tapi siapa sangka, saat ini Game Engine tidak hanya bisa digunakan untuk menciptakan gim saja. Baru-baru ini, Quixel merilis sebuah film pendek dengan grafis sekelas film Hollywood kelas atas dengan menggunakan Game Engine.


BACA JUGA

Avengers: Endgame bakal hadir di Fortnite

Fortnite blokir 1200 akun peserta yang melakukan pelanggaran

China perketat aturan gim, judul gim harus sesuai budaya


Seperti yang bisa Anda lihat di video di bawah ini, mereka berhasil membuat sebuah film pendek berjudul Rebrith dengan grafis memukau menggunakan Unreal Engine 4. Mesin pembuat gim ini sendiri digunakan beberapa gim kenamaan, termasuk gim milik Epic Games, Fortnite.

Dalam pemasarannya di Game Developer Conference (GDC) 2019, perusahaan Asset Library untuk Game Engine tersebut melakukan pemindaian sebuah lokasi di Iceland selama berbulan-bulan. Dalam sebuah pernyataan resminya (22/3), mereka mengaku bahwa ada total seribu aset gambar hasil pemindaian yang mereka ambil.

“Tujuan kami di Quixel adalah untuk mendemokratisasi aset 3D kelas atas sehingga setiap orang dapat membuat konten dan pengalaman fotorealistik yang menawan. Dengan kemajuan dalam teknologi render real-time yang didukung oleh Unreal, kami berupaya melihat apakah kami dapat memanfaatkan Unreal dan Megascans untuk membuat sinematik dengan fotorealisme yang melekat secara real-time, menyaingi hasil dari rendering offline tradisional, ” kata CEO Quixel, Teddy Bergsman.

Hasilnya, seperti Anda bisa lihat, film pendek tersebut dapat memukau banyak orang. Batu-batu yang terlihat nyata, bangunan dengan nuansa lampu jingga yang memukau di balik balutan kabut. Kaki bukit yang terlihat mencekam di balik pekatnya kabut hitam, kendaraan yang melintasi tanah, dan detail lainnya yang mengagumkan.

Saya tak sabar untuk melihat sebuah film berskala Hollywood yang dibuat seutuhnya dari Game Engine. Bagaimana dengan Anda?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: