Tahun depan, smartphone akan punya kamera dengan 108MP

Selain akan memiliki kamera sebesar 108MP, kamera smartphone juga akan memiliki total 10x optical zoom.

Tahun depan, smartphone akan punya kamera dengan 108MP Ilustrasi Kamera (Wccftech)

Apakah 64MP kamera di sebuah smartphone sudah cukup? Ataukah optical zoom 5x akan menjadi sebuah batasan di sebuah smartphone? Tampaknya, kedua hal tersebut belum menjadi sebuah batas tertinggi yang bisa diberikan oleh teknologi pada kamera smartphone.

Seorang pembocor ulung bernama Ice Universe mengatakan, pada tahun depan, penggemar teknologi akan berhadapan dengan sebuah smartphone yang memiliki resolusi sebesar 108MP.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kamera baru Canon mirip gantungan kunci

Peneliti berhasil kembangkan lensa datar untuk ponsel

Kamera 360 derajat terbaru dari GoPro dijual Rp7,1 juta


Belum cukup? Teknologi kamera tersebut juga akan memiliki besaran yang sangat mengesankan. Pengguna akan dapat melakukan hingga 10x optical zoom tanpa mengurangi kualitas gambar.

Selain menyebutkan spesifikasi baru, Ice Universe tidak membagikan informasi apapun. Tetapi ada beberapa dugaan bahwa teknologi ini akan hadir di salah satu pabrikan smartphone terbesar asal Korea Selatan, yakni Samsung.

Tapi, baru-baru ini ada juga pernyataan dari seorang eksekutif Huawei yang menyebut mereka berencana membawa ponsel di masa depan dengan zoom lossless 10x. Jadi, teknologi ini akan menjadi hal baru yang diperangkan dari kedua perusahaan tersebut.

Kamera 108MP kemungkinan besar akan menggunakan teknologi ‘Pixel Pinning’ seperti sensor 48MP di pasaran. Teknologi ini dipakai untuk membantu meningkatkan aspek seperti kejernihan dan ketajaman gambar, seperti dikutip dari laman Wccftech (21/7/2019).

Selain itu, meningkatkan jumlah piksel saja tidak menjamin gambar yang lebih baik dan para vendor juga harus mengoptimalkan perangkat lunak mereka, ukuran aperture, dan meningkatkan ukuran sensor keseluruhan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Adapun 10x optical zoom akan menjadi sebuah keunggulan di beberapa skenario. Ditambah dengan fakta bahwa zoom ini tidak akan menjadi versi hybrid yang menggunakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak kamera, yang dapat mengurangi kehilangan kualitas gambar saat diperbesar.

Selain itu, hal ini bukan pertama kalinya kita mendengar smartphone akan mendapatkan kamera hingga 100MP. Qualcomm dan Credit Suisse telah memperkirakan hal yang sama. Bahkan, kepala pencitraan Qualcomm menyatakan bahwa kamera smartphone dengan jumlah megapiksel hingga 150MP dapat diluncurkan pada awal tahun depan.

Saat ini, sensor terbesar yang sebenarnya ada di sebuah smartphone adalah 48MP milik Sony. Sedangkan Samsung sebentar lagi akan meluncurkan sebuah smartphone dengan kamera 64MP.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: