sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 02 Agst 2022 12:43 WIB

Data IDC ungkap tablet lebih laku daripada Chromebook 

IDC melaporkan pengiriman tablet meningkat pada Q2 2022, sedangkan pengiriman Chromebook terus menurun dengan persentase 51,4% (YoY).

Data IDC ungkap tablet lebih laku daripada Chromebook 
Source: Pexels

Permintaan konsumen terhadap tablet tampaknya lebih tinggi daripada permintaan terhadap Chromebook. Hal ini berdasarkan laporan Internal Data Corporation (IDC) baru-baru ini yang menunjukkan peningkatan 0,15% pada pengiriman tablet di seluruh dunia.

IDC melaporkan pengiriman tablet meningkat pada Q2 2022, sedangkan pengiriman Chromebook terus menurun dengan persentase 51,4% (YoY). Dilansir dari Gizmochina (2/8), pengiriman Chromebook mengalami penurunan yang sangat signifkan dari 12,3 juta menjadi 6 juta unit. Sementara itu, tablet meningkat dari 40,4 juta menjadi 40,5 juta unit.

Di samping itu dalam kategori tablet, Apple memimpin dengan pangsa pasar 31%, meskipun pengiriman turun 2,89% menjadi 12,6 juta unit (YoY). Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,1% dengan pengiriman 7,3 juta unit.

Posisi selanjutnya diisi oleh Kindle Amazon yang mengantongi 5,5 juta unit pengiriman. Angka ini mencatatkan pertumbuhan 26,92%, berbeda dengan Lenovo yang mengalami penurunan pengiriman 25,67% YoY menjadi 3,5 juta unit. Terakhir, Huawei melengkapi daftar lima besar dengan mengirim 2,1 juta unit tablet.

IDC melaporkan pendatang baru di segmen tablet seperti Xiaomi, realme, OPPO, dan vivo juga tampaknya mulai berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar tablet Android di kuartal ketiga 2022.

Adapun peningkatan pasar tablet secara keseluruhan dikatakan disebabkan oleh pemanfaatan tablet dalam konsep pendidikan yang baru selama pandemi.

Di sisi lain, Chromebook membagikan hasil pengiriman triwulanan yang mengecewakan. Semua produsen membukukan pertumbuhan tahun-ke-tahun (YoY) yang negatif. Namun, Dell masih memimpin pasar dengan 1,5 juta pengiriman sedangkan Acer berada di urutan kedua dengan 1,3 juta pengiriman. 

Lenovo mengambil tempat keempat dengan 1,2 juta pengiriman dan pangsa pasar 19,4%. HP dan Samsung mengantongi tempat keempat dan kelima dengan masing-masing 0,9 juta dan 0,4 juta unit terjual.

Share
×
tekid
back to top