Swatch tuntut Samsung gara-gara smartwatch

Keluhan tersebut menuduh Samsung melakukan praktik bisnis yang tidak adil, juga desain tampilan jam tangan yang ditiru akan menyesatkan pelanggan.

Swatch tuntut Samsung gara-gara smartwatch Source: Pexels

Swatch telah melayangkan tuntutan terhadap Samsung lantaran tampilan Galaxy Watch Active memiliki model yang sama seperti jam tangan pabrikan jam tangan buatan Swiss tersebut. Dilansir dari The Verge (26/2), Swatch mengajukan gugatan USD100 juta (Rp1,4 triliun) dan keluhan dengan tampilan yang dapat diunduh untuk Samsung Gear Sport, Gear S3 Classic, dan Frontier.

Swatch mengklaim bahwa lebih dari 30 tampilan smartwatch Samsung “identik atau hampir identik” dengan merek dagang. Reuters menyebutkan keluhan tersebut menuduh Samsung melakukan praktik bisnis yang tidak adil, dan desain yang ditiru akan menyesatkan pelanggan agar percaya bahwa Samsung dan Swatch telah melakukan kesepakatan.


BACA JUGA

Smartwatch baru Garmin punya mode Night Vision dan tahan banting

Oppo segera masuk dalam persaingan smartwatch

Tumbuh 44%, Apple terus kuasai pasar smartwatch global


Tampilan smartwatch tersebut dirancang oleh pengembang pihak ketiga. Sementara Samsung masih mengantungi sebagian dari pendapatan. Swatch menyatakan bahwa salah satu dari jam tangannya merupakan Jaquet Droz Tropical Bird Repeater yang hanya dirancang untuk para kolektor berharga USD650.000 (Rp9,1 miliar).

Bahkan setelah Samsung merespons, Swatch mengatakan melihat tampilan smartwatch baru muncul di toko Galaxy Apps untuk dijual yang masih tampak meniru desain warna dan gaya Swatch. Kemudian Samsung mengonfirmasi dalam sebuah surat pada tanggal 15 Februari bahwa mereka menghapus beberapa tampilan smartwatch tetapi tidak semua.

“Mengingat tanggapan Samsung yang tidak memadai dan masuk akal untuk menyimpulkan bahwa tergugat akan terus melanggar merek dagang, dan dengan demikian menyebabkan kerugian lebih lanjut pada Swatch Group Company,” kata Swatch.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: