sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Jun 2021 15:56 WIB

Susul Spotify, Amazon Music akuisisi Art19

Amazon mengumumkan perusahaannya telah mengakuisisi Art19, sebuah platform moderasi dan monetisasi untuk podcast.

Susul Spotify, Amazon Music akuisisi Art19
Source: Unsplash

Tak ingin kalah dari Spotify, Amazon Music semakin serius atas upayanya untuk menghadirkan platform podcast dengan berbagai fitur. Dilansir The Verge (25/6), Amazon mengumumkan telah mengakuisisi Art19, sebuah platform moderasi dan monetisasi untuk podcast. Artinya, Amazon sekarang akan memiliki andil dalam menyelenggarakan platform untuk para podcaster serta menjual iklan terhadap mereka.

Art19 berjalan dengan mengoperasikan pasar iklan yang ditargetkan dan dimasukkan ke dalam bagian sistem pemrograman untuk podcast. Fitur yang akan disuguhkan dalam podcast Amazon Music ini membuat pengguna dapat memonetisasi konten yang dibuat. Pada akhirnya, pengguna akan memperoleh keuntungan dari iklan yang hadir di konten podcast mereka.

Akuisisi Art19 merupakan langkah besar bagi Amazon karena perusahaan dapat mengambil peran yang lebih besar di dunia podcast. Amazon Music baru mulai menawarkan platform podcast pada September tahun lalu. Saat itu, Amazon Music mengakuisisi Wondery, salah satu jaringan podcast independen  terbesar, untuk menghadirkan platform podcast.

Jadi, dengan mengakuisisi Art19, akan membantu memberikan peran pada Amazon untuk mengambil bagian secara penuh dalam industri podcast. Tidak hanya membuat konten melalui Wondery dan mendistribusikannya melalui Amazon Music, tapi sekarang Amazon dapat memoderasi konten podcast tersebut dan menjual iklan terhadap konten itu. Hal ini membuat Amazon bisa memperoleh lebih banyak informasi tentang apa yang terjadi, baik di dalam, maupun di luar aplikasinya.

Skenario pengakuisisian seperti ini juga sudah dijalankan oleh berbagai perusahaan penyedia layanan hiburan audio, seperti Spotify. Spotify sudah mulai membuat platform untuk podcast dengan mengakuisisi beberapa pengembang, seperti Gimlet Media dan Parcast. Selain itu, Spotify juga mengakuisisi Megaphone, yang mana merupakan pesaing Art19. Dalam hal ini, Spotify telah berfokus untuk membawa fitur penayangan iklan ke platform untuk podcast. Fitur itu disebut Streaming Ad Insertion, dengan tujuan untuk mendorong podcaster pindah ke layanan moderasi dan monetisasi yang dihadirkan Spotify.

Share
×
tekid
back to top