sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 22 Jun 2021 19:40 WIB

Super Mario World bisa dimainkan dalam mode widescreen

Seorang hacker berhasil memodifikasi ROM gim Super Mario World sehingga gim tersebut dapat dimainkan dalm tampilan widescren.

Super Mario World bisa dimainkan dalam mode widescreen
Source: Nintendo World Report

Game Super Mario World kini dapat dimainkan dalam tampilan widescreen. Super Mario World bisa dimainkan dalam tampilan widescreen merupakan karya dari Victor Vilela, seorang hacker yang memiliki spesialisasi pada sektor ROM. Super Mario World dalam tampilan widescreen dapat bekerja dengan memodifikasi ROM game asli yang dimainkan melalui emulator bsnes_hd. 

Super Mario World  yang memiliki ukuran layar asli permainan sebesar 256x224 kemudian disesuaikan ke 352x224. Penyesuaian tersebut dilakukan untuk dapat memberikan dukungan pada tampilan dengan aspek rasio 16:9 di Super Mario World. Selain 16:9, patch dari Victor Vilela ini juga mendukung tampilan dengan aspek rasio 16:10.  Patch Super Mario World widescreen juga akan direncanakan dapat mendukung di layar ultrawide dengan aspek rasio 21:9 untuk masa mendatang.

Dilansir dari The Verge (22/6), petunjuk tentang cara menyiapkan patch Super Mario World widescreen dapat ditemukan di halaman GitHub milik Victor Vilela. Tapi perlu diperhatikan, sebaiknya para pemain harus menemukan ROM Super Mario World milik sendiri sebagai bagian dari proses. Untuk saat ini,  Nintendo tidak menyediakan pembelian resmi ROM dari permainannya. Jadi, para pemain harus menjadi kreatif, terutama karena Nintendo secara agresif terus mengejar situs-situs yang mendistribusikan ROM dari gamenya.

Meskipun peretasan ROM hanya mencakup Super Mario World, tapi kemungkinan hal ini akan terus meluas, yang pada akhirnya dapat diterapkan di semua game SNES. Vilela mengatakan kepada RetroRGB, bahwa setelah kedua patch Super Mario World selesai,  kemungkinan ini akan memiliki standar yang solid, yang dapat diterapkan oleh modder ROM di masa mendatang untuk semua game SNES. Tidak hanya Vilela, pengembang ROM lain, seperti Ocesse, saat ini juga tengah bekerja keras pada pengembangan patch serupa untuk game Super Metroid.

Beberapa pecinta game retro seperti Super Mario, mungkin akan mencibir gagasan untuk bermain game retro selain pada aspek rasio 4:3 aslinya. Tetapi bagi siapa pun, peretasan ROM Super Mario World agar dapat bekerja di widescreen, berarti sekarang dapat menikmati pengalaman bermain game 1990 pada tampilan yang lebih modern.

Share
×
tekid
back to top