Steam Link resmi hadir di sistem operasi iOS

Peluncuran aplikasi Steam Link yang sebelumnya diblokir Apple akhirnya terwujud. Sekarang pengguna sistem operasi iOS dapat juga menikmati layanan ini.

Steam Link resmi hadir di sistem operasi iOS Source: Steam Twitter

Para pengguna sistem operasi iOS bakal bisa menikmati gim PC langsung dari perangkat mereka. Pasalnya Valve akhirnya resmi merilis aplikasi Steam Link yang tersedia untuk seluruh perangkat Apple. Bahkan pengguna bisa memainkan gim di Apple TV.

Dilansir dari Engadget (16/5), pengguna bisa langsung menyiarkan gim dari PC mereka langsung ke Apple TV. Namun, peluncuran Steam Link ini sempat diblokir Apple karena berpotensi menimbulkan konflik bisnis dengan pedoman aplikasi di App Store.


BACA JUGA

Game.ly kini tersedia versi desktop

PUBG Mobile bakal hadirkan mode Godzilla

DC Universe Online bakal hadir ke Nintendo Switch


Di saat Apple memblokir Steam Link, pengguna Android sudah lebih dulu menikmati layanan tersebut. Steam Link merupakan salah satu cara termudah untuk meluncurkan gim PC Steam ke perangkat lain, seperti TV. Hal ini memungkinkan pemain untuk bermain gim di layar lebih besar, dan tidak terpaku di depan layar monitor desktop.

Nah, pemblokiran itu akhirnya menemui titik terang, terutama setelah Valve menghapus fitur yang memungkinkan pemain membeli gim melalui Steam Link. Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di App Store.

Ketersediaan aplikasi Steam Link menambah luas penggunaan Steam Link. Pasalnya, saat pertama kali diluncurkan, pengguna membutuhkan PC lain atau perangkat keras yang didedikasikan khusus untuk melakukan hal itu. Tak hanya di iOS dan Android, aplikasi ini juga dapat digunakan pada perangkat motherboard mini, Raspberry Pi.

Untuk diketahui, Steam Link bukanlah layanan cloud gaming. Namun, bagi siapa pun yang memiliki akun Steam dengan gim di dalamnya, koneksi yang mumpuni dan salah satu perangkat iOS atau Android akan dapat menikmati layanan aplikasi Steam Link.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: