sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Kamis, 22 Sep 2022 14:06 WIB

Startup taksi terbang akhirnya gulung tikar

Perusahaan rintisan (startup) yang didukung oleh Larry Page (pendiri Google), Kitty Hawk dikabarkan telah menutup operasinya.

Startup taksi terbang akhirnya gulung tikar

Setelah lebih dari satu dekade mencoba membuat mobil terbang menjadi kenyataan, Kitty Hawk akhirnya ditutup. “Kami masih mengerjakan detail tentang apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata startup yang didukung Larry Page tersebut saat memposting ke LinkedIn pada Rabu sore. Sebelum pengumuman ini, terakhir kali kita mendengar kabar dari Kitty Hawk adalah pada musim semi 2021, ketika perusahaan tersebut telah berpisah dengan insinyur Damon Vander Lind setelah berbulan-bulan pertikaian dengan Page dan CEO Sebastian Thrun. Hampir tepat setahun sebelumnya, perusahaan membatalkan proyek Flyer dan memberhentikan sebagian besar dari 70 orang tim yang telah mengerjakan pesawat itu.

Dilansir dari Engadget (22/9), tidak jelas mengapa Kitty Hawk memutuskan untuk berhenti, tetapi komentar yang dibuat Thrun setelah perusahaan mengakhiri pengembangan Flyer dapat memberi petunjuk. “Tidak peduli seberapa keras kami mencari, kami tidak dapat menemukan jalan menuju bisnis yang layak,” kata kepala eksekutif saat itu. Setelah kepergian Vander Lind pada tahun berikutnya, tampaknya Kitty Hawk siap untuk menggandakan pesawat lepas landas dan mendarat vertikal Heaviside. mereka mengakuisisi Robotika 3D dan membawa salah satu pendiri perusahaan, mantan editor Wired Chris Anderson, sebagai Chief Operating Officer.

Terlepas dari berhentinya Kitty Hawk, ini mungkin bukan yang terakhir kita mendengar tentang ambisi mobil terbang Larry Page. Menurut CNBC, penutupan perusahaan tersebut tidak akan mempengaruhi Wisk Aero, perusahaan yang lahir dari kemitraan 2029 antara Kitty Hawk dan Boeing.

“Keputusan Kitty Hawk untuk menghentikan operasi tidak mengubah komitmen Boeing terhadap Wisk. Kami bangga menjadi anggota pendiri Wisk Aero dan senang melihat pekerjaan yang mereka lakukan untuk mendorong inovasi dan keberlanjutan melalui masa depan perjalanan udara listrik. Kami tidak berharap pengumuman Kitty Hawk akan mempengaruhi operasi Wisk atau aktivitas lainnya dengan cara apa pun”, kata Boeing.

Share
×
tekid
back to top