SSD ini punya kecepatan hingga 5 GB/s

Kecepatan ini dapat dihadirkan berkat port Thunderbolt 3 yang menggunakan konektor USB Type-C. Enaknya buat transfer apa ya?

SSD ini punya kecepatan hingga 5 GB/s

Perusahaan hardware asal Amerika Serikat, Other World Computing (OWC) baru saja menghadirkan SSD eksternal ThunderBlade Gen 2. Dilansir dari DP Review (29/1), SSD eksternal generasi kedua ini menjanjikan performa lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. ThunderBlade Gen 2 diklaim lebih mampu melepaskan hawa panas.

OWC menyatakan SSD ini dapat mencapat 3.800 MB/s ketika digunakan secara bersamaan dengan program SoftRAID, sehingga mampu mentransfer data sebesar 1 TB dalam durasi hanya 4,5 menit. Jika digunakan secara individual, kecepatannya mampu menghadirkan transfer hingga 5.000 MB/s. Kecepatan ini berkat koneksi menggunakan Thunderbolt 3.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Lexar siap bersaing di pasar SSD Indonesia

Colorful luncurkan SSD dengan warna unik khas musim panas

SSD Sony pastikan data aman meski masuk air hingga 1 meter


Dengan performa kecepatan ekstrem seperti itu tentu saja SSD ini tidak murah. ThunderBlade Gen 2 hadir dengan kapasitas 1 TB, 2 TB, 4 TB, dan 8 TB dengan harga masing-masing USD799 (Rp11,3 juta), USD1.199 (Rp17 juta), USD1.899 (Rp26,8 juta), dan USD3.499 (Rp49,4 juta).

SSD ini berbasis teknologi Thunderbolt 3, yaitu standar terbuka yang dikembangkan oleh Intel dan memiliki konektor yang sama seperti Type-C. Pengguna memerlukan kabel khusus agar memiliki performa maksimum tersebut. Dibandingkan dengan Thunderbolt 2, kontroler Thunderbolt 3 memiliki bandwitdh hingga 40 Gbit/s (5 GB/s). Thunderbolt 3 memiliki kemampuan pengiriman daya terbatas pada kabel tembaga dan tidak ada kemampuan pengiriman daya pada kabel optik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: