sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
Selasa, 19 Okt 2021 12:10 WIB

Speedtest ungkap operator seluler tercepat di Indonesia Q3 2021

Speedtest Intelligence mengungkapkan Telkomsel sebagai operator seluler tercepat di Indonesia dengan speed score 30,49 pada chipset modern.

Speedtest ungkap operator seluler tercepat di Indonesia Q3 2021
Source: Pexels

Speedtest Intelligence baru saja membagikan data laporan terkait kinerja operator seluler di Indonesia pada Q3 2021. Laporan ini menyertai lima penyedia dalam negeri, antara lain Telkomsel, Tri, IM3 Ooredoo, Smartfren, dan XL.

Sepanjang kuartal ketiga 2021, laporan mengungkapkan Telkomsel sebagai operator seluler tercepat di antara penyedia lainnya. Operator seluler tersebut mencatatkan speed score 30,49 pada chipset modern.

Di posisi kedua, terdapat IM3 Ooredoo dengan speed score 25,68, diikuti XL yang tidak menunjukkan kesenjangan yang berarti. Kedua operator seluler ini hanya terpaut nilai 1,75. Smartfren kemudian muncul di posisi keempat dengan speed score 19,03 dan Tri dengan 15,52.

Kecepatan ini juga dibarengi dengan latensi yang rendah. Telkomsel tetap menduduki peringkat pertama dengan rata-rata latensi 30 ms. Uniknya, Tri yang tadinya berada di urutan terakhir untuk nilai kecepatan, kini berada di posisi kedua untuk rata-rata latensi yang tidak terlalu jauh dari Telkomsel, yakni 32%.

Baru setelah itu IM3 Ooredoo kembali terpaut rata-rata latensi yang cukup jauh, yaitu 36 ms. Smartfren dan XL sama-sama menerima angka 41 ms.

Selain itu, Speedtest Intelligence juga menganalisis kinerja pada beberapa ponsel tercepat di Indonesia. Ini menampilkan deretan smartphone yang didominasi oleh iPhone dan Xiaomi dengan rata-rata kecepatan unduhnya selama Q3 2021.

iPhone 12 Pro Max 5G berada di urutan pertama dengan rata-rata 44,95 Mbps. Urutan kedua dan ketiga diisi oleh pabrikan asal Tiongkok Xiaomi melalui Redmi K40 5G dan Mi 10T Pro 5G. Urutan keempat dan kelima diisi kembali oleh Apple lewat iPhone 11 Pro Max dan iPhone Xs Max.

Meskipun Samsung tidak disebut, namun chipset buatannya yakni Exynos 2100 masuk dalam 5 chipset tercepat di Indonesia, di posisi kedua dengan kecepatan rata-rata 44,38. Sedangkan peringkat pertama dinobatkan kepada Qualcomm lewat Snapdragon X55 5G yang mencatat kecepatan rata-rata 44,45.

Tidak seperti layanan broadband dimana Jakarta menjadi wilayah dengan unduhan tercepat, rata-rata tercepat untuk unduh seluler berada di Makassar. Regional tersebut menunjukkan rata-rata unduh 25,30, sedangkan Jakarta di urutan kedua dengan rata-rata 24,31.

Share
×
tekid
back to top