sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Rabu, 13 Mei 2020 13:04 WIB

SpaceX buat simulator docking online Crew Dragon

SpaceX buat simulator docking online dari pesawat ruang angkasa Crew Dragon, yang bisa dimainkan siapa saja.

SpaceX buat simulator docking online Crew Dragon
Source: SpaceX

Pada akhir bulan nanti, tepatnya 27 Mei, pesawat ruang angkasa Crew Dragon milik SpaceX akan melakukan penerbangan berawak pertama kalinya ke International Space Station (ISS). Sebelum hal itu benar-benar terjadi, SpaceX meluncurkan simulator docking online di laman SpaceX untuk ISS, yang memungkinkan orang-orang merasakan cara memarkir Crew Dragon di orbit bumi.

Simulator dimulai dengan Crew Dragon yang berada miring di ruang angkasa. Tepat di depan pesawat yang seolah-olah Anda kendalikan, terdapat ISS di mana Anda harus mencapai ke sana menggunakan sistem docking Crew Dragon yang ditampilkan di layar. Namun, tidak semudah itu bergerak maju mundur, atau berputar di ruang angkasa. Anda hanya memiliki kebebasan enam derajat, di mana pesawat harus diarahkan dengan benar untuk melenggang ke orbit yang telah ditentukan.

Space (13/5) melaporkan, terdapat parameter seperti jarak, roll, pitch, dan yaw, bersama dengan angka berwarna hijau yang menunjukkan koreksi yang diperlukan untuk mencapai ISS. Docking yang benar akan menampilkan koreksi di bawah 0,2. Perhatikan juga angka berwarna biru yang merupakan tingkat kecepatan yang dilakukan untuk berputar di ruang angkasa. Tetapi, jangan berharap untuk mencapai ISS dengan mudah dan cepat. Proses docking di ruang angkasa terbilang lambat dan perlu gerakan kecil untuk berjalan jauh.

tampilan simulator crew dragon

"Simulator ini akan membiasakan Anda dengan kontrol antarmuka aktual yang digunakan oleh para astronot NASA untuk secara manual mengarahkan kendaraan SpaceX Dragon 2 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata SpaceX.

Meskipun begitu, astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley yang akan mengendarai Crew Dragon tidak perlu melakukan docking secara manual. Pesawat ini dirancang untuk berlabuh di ISS secara otomatis tanpa perlu memasukkan input. Namun untuk menguji sistem, Behnken dan Hurley juga melakukan beberapa penerbangan manual pada misi mereka.

Tag
Share
×
tekid
back to top