sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 10 Feb 2023 12:26 WIB

SpaceX batasi penggunaan Starlink untuk drone militer Ukraina

Kepala Operasi Starlink Gwynne Shotwell mengatakan tidak senang apabila layanan internetnya digunakan untuk "tujuan ofensif", alih-alih untuk komunikasi. 

SpaceX batasi penggunaan Starlink untuk drone militer Ukraina
Source: Unsplash/Martin Sanchez

SpaceX baru-baru ini menolak penggunaan Starlink yang dilaporkan untuk mengendalikan drone militer. Seperti diketahui, perusahaan aviasi milik Elon Musk itu memasok Ukraina dengan layanan Starlink dalam membantu dampak dari invasi Rusia. 

Namun dalam konferensi Federal Aviation Administration, yang dilansir dari Engadget (10/2), Kepala Operasi Gwynne Shotwell mengatakan tidak senang apabila layanan internetnya digunakan untuk "tujuan ofensif", alih-alih untuk komunikasi. 

Shotwell menambahkan bahwa SpaceX dapat membatasi kemampuan Ukraina untuk menggunakan Starlink dengan drone tempur, dan telah melakukannya. Perusahaan belum menjelaskan bagaimana membatasi penggunaan di lapangan.

Di sisi lain, Ukraina mengatakan tidak khawatir. Sekretaris dewan keamanan nasional Oleksiy Danilov mengatakan kepada The Washington Post bahwa negara tersebut tidak hanya mengandalkan Starlink untuk operasi militer, dan mungkin hanya perlu "mengubah cara serangan" dalam beberapa kasus.

Penasihat kementerian dalam negeri Anton Gerahchenko, sementara itu, berpendapat bahwa Ukraina "membebaskan" daripada menyerang, dan bahwa Starlink telah menyelamatkan "ratusan ribu nyawa".

Sejak invasi Rusia dimulai tahun lalu, Starlink terbukti penting bagi kehidupan di Ukraina. Negara menggunakan layanan tersebut untuk menghubungkan warga sipil, lembaga pemerintah, dan unit militer yang tidak dapat mengandalkan akses internet terestrial. Sedangkan untuk drone, ini memungkinkan Ukraina mengoordinasikan penerbangan pengintaian, penargetan jarak jauh, dan serangan bom.

SpaceX memiliki hubungan kontroversial dengan Ukraina. Perusahaan dengan cepat menyediakan terminal Starlink segera setelah perang dimulai, meskipun dengan bantuan pemerintah AS. Musk sempat mengeluh karena tagihan perusahaan membengkak setelah mendanai layanan Ukraina, tetapi dia segera berubah pikiran. 

Share
×
tekid
back to top