sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 05 Jan 2022 14:29 WIB

Sony umumkan spesifikasi headset VR generasi baru untuk PS5

PS VR2 mengemas 2.000 x 2.040 piksel per mata, yang digabungkan menjadi resolusi lebih besar dari 4K.

Sony umumkan spesifikasi headset VR generasi baru untuk PS5

Sony akhirnya meluncurkan spesifikasi sistem VR mendatang untuk PlayStation 5. PlayStation VR 2 tampaknya akan sangat unggul, dengan layar OLED 4K, refresh rate tinggi, pelacakan mata, dan sistem pelacakan gerakan yang lebih kuat. Gim pertama untuk platform tersebut juga telah diluncurkan, berlatar di semesta Horizon.

Ketika layar hanya beberapa inci dari mata pengguna, resolusi adalah segalanya. PS VR2 mengemas 2.000 x 2.040 piksel per mata, yang digabungkan menjadi resolusi lebih besar dari 4K di seluruh bidang pandang. Ini benar-benar menjadi yang terbaik di industri saat ini – lebih baik daripada Oculus Quest 2 dan HTC Vive Cosmos.

Dilansir dari New Atlas (5/1), layar OLED-nya mendukung high dynamic range (HDR), refresh rate hingga 120 Hz, dan bidang pandang 110 derajat. Secara keseluruhan, spesifikasi tersebut seharusnya menghilangkan gangguan door effect (terlihatnya celah antara piksel di gambar) pada layar yang terdapat pada PS VR generasi pertama.

Masalah besar lainnya juga terpecahkan – pelacakan. PS VR versi awal memiliki salah satu pelacakan terburuk dari headset VR mana pun. Namun PS VR2 menggunakan pelacakan luar-dalam, dengan 4 kamera tertanam di headset itu sendiri untuk mengamati lingkungan pengguna dan kontroler di tangan mereka, yang seharusnya mengaktifkan VR skala ruangan.

Sistem pelacakan mata mendeteksi gerakan mata pengguna, yang dapat mempermudah navigasi menu input lainnya. Sebuah motor haptic juga dibangun, untuk memberikan feedback sensorik baru langsung ke kepala. Headset dihubungkan ke PS5 dengan satu kabel USB-C, yang merupakan peningkatan dari serangkaian kabel pada PS VR lawas.

Dengan semua keunggulan tersebut, ditambah kontroler yang diubah pada Maret lalu, sepertinya PS VR2 berada dalam posisi yang cukup bagus, meski demikian, masih ada beberapa hal utama yang belum kita ketahui tentang PS VR2, seperti berapa harganya, kapan akan dirilis, dan tentu saja seperti apa bentuknya. Rincian tersebut tidak diragukan lagi akan diberikan pada beberapa bulan mendatang.

Share
×
tekid
back to top