sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Kamis, 01 Des 2022 16:44 WIB

Sony siapkan sensor kamera mutakhir untuk iPhone selanjutnya

Sony dikabarkan akan memasok Apple dengan sensor gambar mutakhir untuk ponsel iPhone selanjutnya. Ini akan menampilkan gambar tajam minim noise pada malam hari.

Sony siapkan sensor kamera mutakhir untuk iPhone selanjutnya

Sony siap untuk memasok sensor gambar mutakhir untuk iPhone berikutnya yang diklaim akan menggandakan jumlah cahaya yang dapat ditangkapnya. Sensor ini juga dikatakan akan memberikan kemampuan untuk menangkap wajah dengan jelas bahkan dengan cahaya latar yang kuat.

Sony akan menyediakan Apple dan pembuat ponsel lainnya dengan akses ke sensor baru, sebagaimana diberitakan oleh Nikkei Asia (via PetaPixel). Sensor itu diproduksi perusahaan tersebut sebagai tanggapan atas tekanan dari Samsung Electronics, yang juga membuat sensor kamera ponsel.

Menurut laporan tersebut, sensor gambar baru Sony menggandakan tingkat sinyal saturasi di setiap piksel yang memungkinkannya untuk menangkap lebih banyak cahaya, sambil memungkinkan untuk mengurangi over-exposure atau under-exposure dalam pengaturan tertentu.

Hasilnya, sensor ini tidak hanya mampu menghasilkan kinerja cahaya redup yang lebih baik, tetapi juga mampu mengukur exposure dengan sangat baik, seperti wajah yang sangat terpapar sinar matahari.

Nama sensor kamera mendatang dari Sony tersebut belum diketahui, tetapi deskripsi yang diberikan Nikkei Asia cocok dengan desain sensor yang pertama kali diungkapkan Sony sekitar setahun lalu. Pada bulan Desember 2021, Sony mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan teknologi sensor gambar CMOS bertumpuk (stacked) pertama di dunia yang menggunakan piksel transistor dua lapis – sebuah desain yang menggandakan kemampuan pengumpulan cahaya.

Sensor konvensional menempatkan fotodioda dan transistor piksel pada substrat yang sama, tetapi desain baru milik Sony tersebut memisahkannya ke lapisan yang berbeda. Ini dapat secara signifikan meningkatkan jangkauan dinamis dan mengurangi noise.

Pada saat pengumuman dan dalam presentasi mendetail di bulan Februari, Sony tidak mengatakan kapan sensor baru itu akan masuk ke perangkat konsumen atau bahkan kapan sensor ini akan diproduksi dalam skala besar. Pertanyaan-pertanyaan itu tampaknya terjawab sekarang, karena Sony bersiap untuk menyediakannya untuk digunakan di ponsel yang diharapkan akan dirilis pada musim gugur 2023.

Share
×
tekid
back to top