sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Jumat, 22 Okt 2021 13:52 WIB

Sony luncurkan mirrorless full frame Alpha 7 IV

Berkat mesin pemrosesan gambar yang sama dengan kamera flagship A1, A7 IV juga dikatakan memiliki sistem AF yang sangat cepat.

Sony luncurkan mirrorless full frame Alpha 7 IV

Sony telah membuka tabir kamera full frame terbaru mereka lewat Sony A7 IV. Mirrorless ini menawarkan sensor gambar beresolusi 33 MP yang baru dikembangkan dan peningkatan performa di segala aspek. Sebagai informasi, Sony A7 IV merupakan penerus dari A7 III yang pertama kali dirilis pada 2018 lalu.

A7 IV diperkuat dengan sensor gambar full-frame Exmor R CMOS 33 MP. Sensor ini dipadukan dengan prosesor Bionz XR terbaru, untuk rentang dinamis 15 stop, sensitivitas cahaya ISO 100 hingga 51.200 yang dapat ditingkatkan menjadi ISO 50 – ISO 204.800, dan pemotretan continuous 10 fps dengan AF/AE tracking.

Berkat mesin pemrosesan gambar yang sama dengan kamera flagship A1, A7 IV juga dikatakan memiliki sistem AF yang sangat cepat. Dilansir dari New Atlas (22/10), AF hibridanya menampilkan 759 titik AF phase-detection, yang mencakup hampir 94% area gambar. Ada pula deteksi wajah dan mata untuk manusia yang meningkat hingga 30% dari pendahulunya. Real-time eye tracking sekarang dapat mendeteksi mata burung dan hewan lain untuk foto dan video.

Sony A7 IV dapat merekam video 4K/60p dalam mode Super 35, atau 4K/30p dengan oversampling 7K dalam mode full-frame. Kamera mirrorless ini juga memiliki stabilisasi gambar di dalam bodi (IBIS) 5 arah, dengan mode aktif optik yang tersedia untuk memberikan performa yang meningkat selama perekaman video.

Melihat komposisi dapat dilakukan menggunakan EVF berbasis OLED 3,68 juta dot atau monitor LCD 3 inci beresolusi 1,03 juta dot. Layar LCD ini memiliki engsel fleksibel untuk memotret atau merekam video yang lebih kreatif. Tidak ketinggalan pula dial yang memungkinkan pengguna langsung memilih mode P/A/S/M/Auto dan Memory Recall pada bagian atas.

Kamera ini dilengkapi dengan grip yang lebih baik serta desain bodi paduan magnesium. Konektivitasnya terdapat Bluetooth 4.1 dan Wi-Fi dual-band 802.11ac untuk operasi jarak jauh dan transfer data nirkabel. Terdapat dua slot media – satu dapat menampung SD atau CFexpress Type A, sementara slot yang lain hanya untuk kartu SD. A7 IV bahkan dapat berfungsi sebagai webcam untuk obrolan video hingga resolusi 4K/15p atau FHD/60p.

Bodi kamera Sony A IV dijual dengan harga USD2.500 (Rp35,4 juta). Jika membelinya dengan lensa kit FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS maka harganya menjadi USD2.700 (Rp38,2 juta).

Share
×
tekid
back to top