Sony lebur divisi smartphone mereka dengan divisi lain

Sony berencana untuk melakukan pemangkasan karyawan sebanyak dua ribu orang dari divisi smartphone mereka.

Sony lebur divisi smartphone mereka dengan divisi lain Ilustrasi Smartphone Sony (Pixabay)

Kabar terbaru dari Sony mengatakan akan melakukan peleburan divisi smartphone mereka dengan beberapa divisi lain. Mereka melakukan hal tersebut dengan harapan akan meningkatkan pendapatan.

Dalam proses perjalanan peleburan tersebut, mereka harus membuat sebuah keputusan besar. Kabarnya Sony akan melakukan pemangkasan jumlah karyawan bisnis smartphone mereka hingga setengahnya.


BACA JUGA

Sony punya paten layar fleksibel yang dilengkapi sensor

Sony punya hub USB tercepat dengan dukungan HDMI untuk kreator

Sony akan buat smartphone dengan layar gulung


Engadget (31/3) melaporkan, Sony kemungina akan melakukan pemangkasan karyawannya pada 2020 mendatang. Potensi ini akan membuat sekira 2.000 pekerja harus rela dirumahkan.

Meski begitu, pihak Sony pun masih memikirkan kemungkinan lain, seperti melakukan transfer pekerja ke divisi lain yang cukup kuat. Sayang, hingga saat ini pihak Sony masih bungkam terhadap berita tersebut.

Bagi sebagian orang, pemangkasan ini bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya bisnis smartphone Sony selama beberapa tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup drastis.

Menurut Statista, dari jumlah total pengiriman smartphone 2018 yang hampir mencapi angka 1,6 miliar unit, hanya 10 juta di antaranya adalah perangkat Sony. Meskipun penjualan sulit, Sony tetap memperkenalkan perangkat baru seperti Xperia 1 di ajang MWC bulan lalu.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama Sony melakukan PHK besar-besaran. Sebelumnya, mereka telah melakukan PHK kepada 2.000 karyawannya pada 2009 setelah menutup empat pabrik perakitan smartphone mereka.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: