sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Kamis, 05 Jan 2023 11:04 WIB

Sony & Honda pamerkan mobil listrik Afeela di CES 2023

Perusahaan patungan Sony dan Honda pamerkan prototipe mobil listrik baru yang disebut Afeela dalam CES 2023.

Sony & Honda pamerkan mobil listrik Afeela di CES 2023

Sony dan Honda meluncnurkan purwarupa mobil listrik baru dengan nama "Afeela" selama presentasi Sony di CES 2023, Las Vegas. Merek tersebut akan menjadi produksi pertama perusahaan patungan tersebut (Sony dan Honda), dan akan mulai dijual pada 2026 di Amerika Utara.

Masih banyak yang belum diketahui tentang Afeela, tetapi CEO Sony Honda Mobility Yasuhide Mizuno mengatakan mobil tersebut akan memanfaatkan pengalaman Sony dengan AI, hiburan, realitas virtual, dan augmented reality untuk menghadirkan EV yang unik. 

"Afeela mewakili konsep kami tentang hubungan interaktif di mana orang merasakan sensasi mobilitas interaktif dan di mana mobilitas dapat mendeteksi dan memahami orang dan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi penginderaan dan AI," kata Mizuno dikutip dari The Verge (5/1).

Lebih dari 40 sensor, termasuk kamera, radar, ultrasonik, dan lidar akan disematkan di seluruh bagian luar kendaraan. Ini untuk meningkatkan kemampuan dalam mendeteksi objek dan mengemudi secara mandiri. 

Menurut Mizuno, Afeela akan berusaha mewujudkan tiga tema utama, yaitu otonomi, augmentasi, dan afinitas. Di samping itu, prototipe yang dipamerkan di atas panggung tampak sedikit mirip dengan konsep yang pertama kali diungkap Sony di CES tiga tahun lalu. 

Bedanya, ini adalah sedang dnegan palang lampu di bagian depan, gril tertutup, dan atap hitam mengkilap. Dop hitam dan aksen ringan di atas lubang roda adalah beberapa fitur eksterior yang menarik dari prototipe ini.

Beberapa pengamat berkomentar bahwa prototipe Afeela tampak seperti perpaduan antara Porsche 911 dan Lucid Air. Sementara untuk harganya, Afeela akan bersaing dengan pembuat mobil premium lainnya seperti Mercedes-Benz, BMW, Volvo, dan Audi. 

Sony mengharapkan perangkat lunaknya menawarkan layanan berlangganan, sehingga pemilik kendaraan kemungkinan harus membayar biaya bulanan untuk mengakses fitur tertentu.

Share
×
tekid
back to top