sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 29 Agst 2023 14:06 WIB

Sony dan Nikon: pasar kamera melejit berkat Tiongkok

Produsen-produsen kamera Jepang mengalami peningkatan nilai pengiriman ke Tiongkok sebesar 33,9% dari tahun ke tahun menjadi 83,9 miliar yen.

Sony dan Nikon: pasar kamera melejit berkat Tiongkok

Pengiriman kamera digital berada pada titik tertinggi sejak awal pandemi COVID-19 dan lonjakan tersebut sebagian besar didorong oleh Tiongkok, kata Sony dan Nikon. Pada awal Agustus, laporan pengiriman dari Asosiasi Produk Kamera dan Pencitraan (CIPA) menunjukkan peningkatan penjualan yang terkait langsung dengan peningkatan pariwisata global.

Namun, dari semua negara, Tiongkok adalah pendorong utama permintaan tersebut dengan peningkatan penjualan sebesar 44%, yang merupakan peningkatan penjualan terbesar di wilayah mana pun di dunia.

Dilansir dari Petapixel (29/8), produsen-produsen kamera Jepang mengalami peningkatan nilai pengiriman ke Tiongkok sebesar 33,9% dari tahun ke tahun menjadi 83,9 miliar yen dan volume pengiriman meningkat sebesar 26,7% dari tahun ke tahun menjadi 710.000 unit.

Pasar kamera dan pencitraan di Tiongkok menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang paling jelas dan penjualan di wilayah ini jauh melampaui penjualan di Eropa dan Amerika. Seluruh Asia sebenarnya menunjukkan kinerja yang cukup baik karena Jepang juga mengalami peningkatan besar dalam jumlah pengiriman, namun Tiongkok adalah negara dengan kisah sukses yang paling terlihat.

Direktur dan Senior Managing Executive Officer Nikon Yoshiaki Tokunari mengatakan bahwa pasar kamera yang mengalami pemulihan, yang mengalami kemerosotan besar-besaran pada tahun 2020 ketika dunia mulai mengatasi pandemi ini, menunjukkan bahwa Tiongkok kini memimpin pemulihan industri tersebut.

“Pasar Tiongkok adalah kekuatan pendorongnya,” kata Tokunari. “Pasar kamera secara keseluruhan, yang merupakan barang mewah, sedang berkembang.”

Presiden Sony Hiroki Totoki mengatakan bahwa penjualan di Tiongkok dan Asia sangat kuat dan “pasar kamera berjalan sangat baik,” tetapi masih ada kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat. Tidak ada wilayah yang menunjukkan pemulihan permintaan sekuat negara-negara di Asia.

Meskipun Jepang juga menunjukkan kinerja yang baik, tampaknya ada kekhawatiran bahwa pertumbuhan di Jepang tidak akan berkelanjutan. Selain itu, para eksekutif khawatir bahwa perlambatan ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa hanya akan memperburuk pasar kamera. Jika hal ini terjadi, Tiongkok akan semakin menonjol sebagai kekuatan pendorong konsumsi kamera, yang akan berdampak pada cara produsen memasarkan dan memprioritaskan produk secara internasional.

Share
×
tekid
back to top