Snapdragon 865 akan hadir dengan dua varian

Para vendor pun akan dapat memilih untuk menggunakan prosesor Qualcomm dengan pilihan jaringan 5G atau jaringan 4G.

Snapdragon 865 akan hadir dengan dua varian Qualcomm Snapdragon 855 (Qualcomm)

Qualcomm saat ini sedang mempersiapkan produksi modem Snapdragon X55 5G secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan saat ini, masyarakat dunia sedang menantikan kehadiran smartphone dengan jaringan 5G di pasaran. 

Saat ini, prosesor terbaru milik Qualcomm yakni Snapdragon 855 adalah satu-satunya prosesor milik mereka yang sudah terintegrasi dengan modem tersebut. Jadi, sudah dipastikan jika para vendor yang sudah menggunakan prosesor ini akan memiliki jaringan 5G di perangkat mereka.


BACA JUGA

Qualcomm makin serius hadirkan prosesor untuk perangkat audio

Monopoli Qualcomm, dalang harga mahal smartphone selama ini

Damai dengan Apple, bos Qualcomm dapat bonus besar


Meski begitu, tidak semua vendor ingin menggunakan jaringan 5G di perangkat mereka, namun masih ingin mendapatkan performa tertinggi. Uniknya, sebuah rumor belakangan ini mengatakan bahwa chipset Qualcomm selanjutnya, yakni Snapdragon 865 akan memiliki dua varian.

Wccftech (7/5/2019) melaporkan, prosesor tersebut saat ini muncul dengan kode ‘Snapdragon 8250’. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui kode pasti dari masing-masing varian dari prosesor tersebut.

Qualcomm mengatakan, para vendor smartphone yang akan menggunakan prosesor dengan modem 5G bawaan akan dapat memanfaatkan ruang kosong untuk hal-hal lain seperti baterai yang lebih besar. 

Sedangkan bagi mereka yang menggunakan prosesor dengan jaringan 4G, akan mendapatkan keuntungan yakni harga yang lebih murah. Seperti diketahui, harga modem 5G kurang lebih dua kali lipat jika dibandingkan dengan 4G.

Menurut Qualcomm, platform mobile Snapdragon 5G generasi berikutnya akan mendukung modul gen sub-6 GHz dan mmWave generasi kedua. Ini juga akan datang dengan teknologi 5G PowerSave baru yang akan meningkatkan masa pakai baterai di perangkat yang siap 5G dalam situasi tertentu.

SoC Qualcomm saat ini menjadi produk pilihan bagi sebagian besar produsen perangkat Android karena pesaing mereka, seperti MediaTek belum memiliki prosesor dengan modem jaringan 5G.

Bahkan, salah satu perusahaan pesaing ketat mereka dikabarkan sedang dalam pengembangan modem smartphone, Intel harus mengakui kehebatan Qualcomm. Mereka pun memutuskan untuk memberhentikan lini bisnis tersebut beberapa waktu lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: