Snapdragon 855 dapat sertifikasi keamanan setara kartu kredit

Qualcomm Secure Processing Unit (SPU) yang merupakan elemen keamanan yang terintegrasi dengan Snapdragon 855 telah mendapatkan sertifikasi keamanan ‘Common Criteria EAL-4+’.

Snapdragon 855 dapat sertifikasi keamanan setara kartu kredit Snapdragon 855

Qualcomm baru saja mengumumkan bahwa Qualcomm Secure Processing Unit (SPU) yang merupakan elemen keamanan yang terintegrasi dengan Snapdragon 855 telah mendapatkan sertifikasi keamanan ‘Common Criteria EAL-4+’. Sertifikasi ini merupakan sebuah ‘standar emas’ untuk pengujian keamanan perangkat keras bagi kartu pintar.

Sertifikasi yang diakui secara internasional ini membuat prosesor Snapdragon 855 menjadi system-on-chip mobile pertama yang mendapatkan pengakuan keamanan setara dengan kartu pintar yang biasa terdapat di kartu ATM maupun kartu kredit.


BACA JUGA

Bocoran hasil benchmark Snapdragon 865, calon chipset flagship baru

Qualcomm makin serius hadirkan prosesor untuk perangkat audio

Monopoli Qualcomm, dalang harga mahal smartphone selama ini


SPU yang terintegrasi ini membuat para OEM dapat menghemat biaya untuk manufaktur komponen tanpa mengorbankan keamanan dan di saat yang sama tetap menawarkan peningkatan performa melalui integrasi dengan proses fabrikasi terbaru.

Dengan hadirnya SPU, para vendor dapat menghadirkan Strongbox Keymaster dan Gatekeeper ke perangkat mereka. Contoh lain penggunaan SPU adalah penggunaan SIM terintegrasi (iSIM).

Di masa depan, kemampuan seperti pembayaran offline, trusted platform module (TPM), transit, ID elektronik, dan dompet crypto sangat mungkin diwujudkan tanpa tambahan chip keamanan secara langsung di smartphone mereka.

“Mendapatkan sertifikasi keamanan EAL-4+ merupakan sebuah pencapaian dalam perjalanan kami memberikan keamanan selevel dengan kartu pintar bagi konsumen dan pengguna Snapdragon,” kata Jesse Seed, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies, dalam keterangan yang diterima tim Tek.id (26/6/2019).

“Penggunaan yang sebelumnya memerlukan chip keamanan terpisah kini dapat sepenuhnya terintegrasi dalam perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 855. Sertifikasi ini merupakan bukti dari kemampuan Snapdragon 855 dalam membawa terobosan yang pertama dalam industri terkait bagi pasaran dan merupakan demonstrasi dari kepemimpinan Qualcomm Technologies dalam bidang keamanan terintegrasi.”

Diketahui, selain memiliki SPU, prosesor yang kini sudah mulai ada di beberapa smartphone menawarkan peningkatan penggunaan daya dan performa, selain juga memiliki fitur keamanan yang tinggi.

Prosesor ini diluncurkan di berbagai perangkat flagship dunia dan merupakan platform komersial pertama yang mampu mendukung 5G multi gigabyte, on-device AI, dan XR imersif secara bersamaan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: