sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Kamis, 04 Apr 2024 11:01 WIB

Bukan cuma Bumi, smartwatch Samsung bisa tampilkan waktu planet lain

Pengguna Samsung Galaxy Watch kini tidak hanya dapat mengetahui waktu di Bumi tetapi juga semua planet di tata surya.

Bukan cuma Bumi, smartwatch Samsung bisa tampilkan waktu planet lain

Pengguna Samsung Galaxy Watch kini tidak hanya dapat mengetahui waktu di Bumi tetapi juga semua planet di tata surya. Samsung telah bermitra dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) untuk mengembangkan rangkaian tampilan jam baru, satu untuk setiap planet, guna menampilkan data real-time dari planet tersebut.

Watch face baru, Galaxy Time, tersedia di jam tangan pintar (smartwatch) Galaxy yang didukung WearOS. Artinya, ini tersedia di semua smartwatch Samsung, termasuk Galaxy Watch Series 4 dan setelahnya.

Dilansir dari Gizmochina (4/4), pemilik model smartwatch yang memenuhi syarat dapat mengunduh watch face langsung dari Google Play Store. Galaxy Time dipublikasikan pada tanggal 31 Maret, seperti yang diumumkan oleh Samsung Jerman. Meskipun demikian, ketersediaannya mungkin dipengaruhi oleh wilayah pengguna.

Ada delapan watch face Galaxy Time yang berbeda untuk disesuaikan dengan jumlah planet di tata surya. Setiap planet memiliki sistem jam yang unik, karena waktu berjalan lebih lambat dan lebih cepat berdasarkan berbagai faktor.

Waktu di setiap planet dihitung dengan mengamati secara cermat kecepatan rotasinya pada porosnya dan orbitnya mengelilingi matahari. Mengingat rumitnya perhitungan ini, Samsung telah bermitra dengan Badan Antariksa Eropa untuk memastikan kualitas data waktu yang digunakan di Galaxy Time.

Selain waktu, watch face baru ini dapat memberikan wawasan bermanfaat lainnya, termasuk jarak planet-planet dari Matahari dan Bumi, jumlah bulannya, dan posisi real-time serta musim yang bersangkutan. Samsung memuji Leo Burnett (Jerman), yang sebelumnya berkolaborasi dengan mereka dalam kampanye produk Samsung Galaxy S8, dengan konsep asli Galaxy Time.

Seperti disebutkan sebelumnya, data tentang rotasi dan revolusi planet disediakan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA). Metadesign, agensi merek yang berbasis di Berlin, menyelesaikan desain watch face Galaxy Time.

Share
×
tekid
back to top