sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 05 Jan 2023 17:51 WIB

Smartwatch Citizen gunakan AI untuk deteksi kewaspadaan pengguna

Jam tangan pintar (smartwatch) Citizen menggunakan kecerdasan buatan (AI) agar dapat mendeteksi kewaspadaan. Ini dibangun menggunakan teknologi NASA dan IBM Watson.

Smartwatch Citizen gunakan AI untuk deteksi kewaspadaan pengguna

Citizen telah mengumumkan smartwatch CZ Smart terbaru yang menampilkan integrasi “self-care advisor” berbasis AI. Aplikasi YouQ yang baru dibangun dengan IBM Watson Studio dan menggunakan teknologi NASA untuk menunjukkan kepada pemakainya saat mereka tidak fokus atau kelelahan sehingga dapat memaksimalkan potensi hariannya.

Gambaran yang menarik adalah bahwa aplikasi YouQ CZ Smart menggunakan neural network milik IBM untuk mempelajari “kronotipe” (waktu tidur dan bangun yang lebih disukai) pengguna selam periode tujuh hingga sepuluh hari, dengan memproses data tidur dan “alert scores”.

Alert scores sendiri adalah hasil dari tes monitor peringatan yang dirancang khusus, versi konsumen dari tes PVT + NASA yang dibuat di Laboratorium Penanggulangan Kelelahan Ames Research Center. Tes itu singkat dan dapat dilakukan setiap hari untuk mengukur kewaspadaan pemakainya.

Dengan menggunakan data tersebut, aplikasi YouQ dapat mempelajari ritme dan kebiasaan unik pengguna. Dari situ, aplikasi menciptakan model pengenalan dinamis untuk merekomendasikan “Power Fixes,” atau tindakan dan aktivitas untuk membantu pemakainya mengurangi efek kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan memperbanyak kebiasaan yang lebih baik. Seiring waktu, ini dapat meningkatkan personalisasi dan mungkin efektivitas Power Fixes untuk setiap orang.

Dilansir dari Engadget (5/1), teknologi baru ini hanya tersedia pada smartwatch CZ Smart generasi kedua. Perangkat wearable ini hadir dalam model Sport 44 mm dan Casual 41 mm, dengan gelang jaring dan silikon. Dari segi teknologi, smartwatch tersebut menawarkan layar AMOLED 1,3 inci, prosesor Snapdragon Wear 4100+ dengan penyimpanan 8 GB, dan fitur masa pakai baterai 24+ jam dengan pengisian cepat.

Dari segi sensor, terdapat giroskop, altimeter, barometer, akselerometer, sensor detak jantung, dan sensor cahaya sekitar. Produk itu sudah mengusung aplikasi kesehatan YouQ, Strava, YouTube Music, dan Amazon Alexa. Sistem operasi yang digunakan Citizen CZ Smart adalah WearOS, dan berfungsi dengan perangkat iPhone atau Android. Harga untuk smartwatch ini adalah USD350 (Rp5,5 juta) untuk versi Casual dan USD375 (Rp5,9 juta) untuk versi Sport.

Share
×
tekid
back to top