sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 05 Jun 2020 11:05 WIB

Smartphone ini bisa dipakai untuk mengukur suhu tubuh

Singkatnya, terdapat sensor termometer inframerah yang dipasangkan pada blok kamera belakang Honor 4 Play Pro.

Smartphone ini bisa dipakai untuk mengukur suhu tubuh
Source: Weibo/ Huawei

Berkembangnya penyebaran corona membuat publik tidak asing lagi dengan alat pengukur suhu tubuh. Alat-alat itu biasa ditemukan ketika seseorang hendak memasuki kawasan tertentu. Ini merupakan protokol standar untuk mengetahui suhu tubuh tinggi yang bisa jadi merupakan tanda infeksi corona. 

Nah, Huawei memiliki cara cerdik untuk membuat smartphonenya semakin layak dimiliki, terutama saat ini. Pasalnya perusahaan asal Tiongkok ini dilaporkan sudah mengintegrasikan fungsi termometer pada smartphone Honor 4 Play Pro. 

Singkatnya, terdapat sensor termometer inframerah yang dipasangkan pada blok kamera belakang Honor 4 Play Pro. Hal ini membuat smartphone tersebut dapat digunakan untuk mengukur suhu pada permukaan objek tertentu, termasuk juga manusia. Yang perlu dilakukan hanyalah mengarahkan kamera belakang ponsel ke dahi seseorang, buka aplikasi yang sudah tersedia dan  smartphone itu akan menghitung berapa suhunya. 

Dilansir dari ArsTechnica (5/6), Huawei mengatakan bahwa sensor inframerah mereka dapat membaca suhu dari -20 derajat hingga 100 derajat Celcius. Kendati begitu, sensor inframerah sebenarnya tidak lebih akurat dari kamera thermal dan keduanya masih kalah akurat jika dibandingkan dengan pengukuran temperatur secara internal. Kendati begitu, sensor inframerah terbilang murah, kuat dan sudah banyak diintegrasikan pada smartphone, misalnya untuk face unlock atau efek kedalaman gambar. 

Sayangnya, smartphone ini baru dijual di Tiongkok saja. Meski begitu, Honor 4 Play Pro sudah menggunakan chipset yang sama dengan Huawei P40 series, yakni Kirin 990, dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Layarnya berukuran 6,57 inci dan memiliki baterai dengan kapasitas 4200mAh. Satu hal yang perlu diketahui adalah, smartphone ini juga tidak mendukung layanan Google. 

Share
×
tekid
back to top