Smartfren perluas layanan CS dengan hadirkan berbagai pilihan layanan
Smartfren perluas layanan CS dengan hadirkan berbagai pilihan layanan, mulai dari hotline hingga Ai.
Di tengah persaingan industri telekomunikasi yang semakin dinamis, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) melalui brand Smartfren terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan layanan pelanggan yang mudah diakses, responsif, dan relevan bagi seluruh penggunanya.
Menurut Head Customer Success XLSMART, Rochelle Camasosa, layanan yang responsif serta mudah dijangkau menjadi pondasi dalam memahami dan menjawab setiap kebutuhan pelanggan, baik terkait informasi produk, layanan, maupun keluhan teknis.
“Kami senantiasa berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang selalu dekat dengan pelanggan, dimana layanan yang responsif dan mudah dijangkau sangat penting bagi pelanggan. Dengan menghadirkan beragam saluran bantuan yang mudah diakses oleh pelanggan, kami ingin memastikan setiap keluhan dan pertanyaan pelanggan mengenai produk, layanan hingga keluhan teknis dapat terjawab dengan cepat akurat dan efisien. Inisiatif ini adalah wujud nyata dari upaya kami untuk memahami setiap kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi terbaik,” ujar Rochelle.
Smartfren kini menghadirkan beragam saluran bantuan yang dapat dipilih pelanggan sesuai preferensi masing-masing, mulai dari layanan langsung via call center, hingga platform digital yang praktis digunakan. Untuk bantuan cepat melalui telepon, pelanggan dapat menghubungi call center di nomor 888 (khusus pengguna Smartfren), atau 08811223344 dan 021-50100000 (bagi pengguna operator lain).
Salah satu inovasi terbaru yang diadopsi oleh Smartfren adalah kehadiran asisten virtual berbasis GenAI, Sarah, yang tersedia melalui fitur Live Chat di website smartfren.com dan aplikasi MySmartfren. Pengguna cukup mengunjungi website Smartfren, klik ikon Sarah di pojok kanan bawah, memasukkan data diri, lalu langsung terhubung untuk menyampaikan pertanyaan maupun keluhan. Alternatif lain, Live Chat juga bisa diakses melalui aplikasi MySmartfren dengan navigasi sederhana di menu “More” bagian kanan bawah lalu pilih “Live Chat” untuk diskusi langsung bersama Sarah.
Untuk kemudahan yang lebih tinggi, Smartfren juga membuka kanal bantuan resmi melalui WhatsApp dengan mengakses link s.id/hubungi-Smartfren atau langsung mengirim pesan ke 0888 1212 888. Di sini, pelanggan dapat berdiskusi dengan Sarah untuk solusi cepat dan efisien berbagai permasalahan layanan.
Smartfren turut memanfaatkan kekuatan media sosial demi menjangkau pengguna generasi muda dan aktif di platform digital. Pelanggan dapat mengirimkan pesan langsung (DM) ke akun resmi @smartfrencare di X (Twitter), Instagram, atau Facebook untuk mendapatkan dukungan langsung dari tim Smartfren Care. Kanal ini menjamin komunikasi two-way yang lebih aktif dan real-time bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan jejaring sosial dalam aktivitas digital mereka.
Selain layanan daring, pelanggan yang menginginkan interaksi tatap muka dapat mengunjungi Galeri Smartfren terdekat. Di sana, tim profesional Smartfren siap melayani dan memberikan solusi langsung untuk setiap kebutuhan teknis, upgrade layanan, hingga konsultasi produk. Lokasi galeri dapat dicek mudah melalui website resmi Smartfren.
Dengan beragam saluran bantuan ini, Smartfren memastikan seluruh pelanggannya dapat memperoleh akses layanan dan dukungan dengan cara yang paling nyaman, baik secara digital, telepon, maupun tatap muka. Langkah ini menegaskan dedikasi Smartfren untuk tetap responsif, adaptif, serta menjadi mitra telekomunikasi yang benar-benar dekat dengan pelanggan dalam setiap aspek kehidupan digital masa kini.









