sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 22 Mar 2023 17:09 WIB

Smartfren pastikan kualitas internet makin andal jelang Ramadan

Jelang Ramadan, Smartfren pastikan internet makin andal dengan pembangunan Content Delivery Network (CDN).

Smartfren pastikan kualitas internet makin andal jelang Ramadan

Demi memastikan kepuasan pelanggan saat menggunakan layanan telekomunikasi terbaik saat momen Ramadan dan Idul Fitri, Smartfren melakukan perluasan coverage dan implementasi sejumlah titik Content Delivery Network (CDN). Dengan demikian, operator menjanjikan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya.

“Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren. Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal, terutama menjelang Ramadan, Idul Fitri 1444 H dan momen mudik lebaran,” kata VP Network Operations Smartfren.

Hal tersebut dilakukan di tingkat kabupaten dengan penambahan sejumlah BTS. Adapun dari penambahan tersebut coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3%. Sedangkan di setiap wilayah operasional Smartfren berhasil meningkatkan 10% di Jawa Barat; 3% di Sumatera Utara; 10% di Sumatera Selatan; 3% di Jabodetabek; 9% di Jawa Tengah; 4% di Jawa Timur; dan 7% di Sulawesi serta Kalimantan.

Di sisi lain, Smartfren menargetkan wilayah Bogor hingga coverage 95% dari total populasi pada tahun 2023 ini. Perluasan tersebut antara lain dilakukan di sejumlah wilayah seperti Dramaga, Ciampea, Puncak-Ciawi, Megamendung, dan jalur menuju Sukabumi/Cianjur.

Agar dapat menurunkan latensi, Smartfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache sehingga mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengirim serta menerima data. Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar.

Dengan optimasi jaringan yang secara rutin dan terus-menerus dilakukan, pelanggan semakin dimanjakan dengan internet yang semakin lancar. Selain itu khusus untuk musim momen Idul Fitri 1444 H dan mudik lebaran, Smartfren juga menyiagakan tim khusus yang siaga 24 jam memantau serta menangani keluhan pelanggan.

Share
×
tekid
back to top