sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 06 Mar 2023 15:46 WIB

Smart TV Sony Bravia 2023 punya prosesor lebih canggih

Sony baru saja mengumumkan jajaran televisi pintar (smart TV) terbaru dengan pemrosesan gambar yang disempurnakan.

Smart TV Sony Bravia 2023 punya prosesor lebih canggih

Sony telah meluncurkan jajaran smart TV Bravia XR 2023, yang mencakup serangkaian TV dengan penyempurnaan dan peningkatan mumpuni. Saat ini, perusahaan asal Jepang itu masih memamerkan pemrosesan gambarnya sebagai nilai jual utama. Cognitive Processor XR buatan Sony dikatakan sebagai yang membedakan TV-nya dari kompetitor, dan tahun ini, mereka memperkenalkan XR Clear Image, sebuah fitur yang secara otomatis menyesuaikan kualitas gambar berdasarkan materi sumber.

Dengan semakin populernya konsol kelas atas, seperti Sony PlayStation 5 dan Xbox Series X, Sony juga fokus untuk meningkatkan pengalaman bermain gim. Dilansir dari Gizmochina (6/3), semua TV baru Sony mampu memainkan gim 4K pada 120 Hz, meskipun hanya tersedia dua port HDMI 2.1, dengan dua lainnya adalah HDMI 2.0. Integrasi Sony dengan PS5 tetap kuat, tetapi fitur perangkat lunak gim baru juga akan diperluas ke Xbox.

X90L adalah TV LED dengan fitur full-array local dimming yang dirancang untuk menawarkan kinerja luar biasa dengan harga terjangkau. Untuk menambahkan detail premium pada TV, Sony telah memperbarui bezel dari plastik menjadi aluminium dan meningkatkan zona local dimming dan kecerahan puncak masing-masing hingga 60% dan 30%. Ini juga merupakan ukuran layar terbesar di antara seri terbaru, dengan layar 98 inci.

Sony A80L OLED hadir dalam ukuran 83 inci, dengan peningkatan termasuk kejernihan dialog yang sedikit lebih baik dan kinerja 10% lebih cerah. Namun, ini sangat mirip dengan TV OLED A80K WRGB tahun 2022. Terakhir, QD-OLED A95L adalah TV paling mengesankan di jajaran baru, menjanjikan kecerahan puncak hingga 200% lebih baik daripada pendahulunya, A95K, dan menawarkan persaingan yang kuat untuk LG C2 dan C3.

Dari segi perangkat lunak, Sony juga memperkenalkan Eco Dashboard untuk meningkatkan opsi ramah lingkungan dan teknik hemat energi, yang dapat diakses dari home screen. Selain itu, ada menu pengaturan yang disesuaikan untuk bermain gim, memungkinkan untuk beralih VRR dengan mudah, blur reduction, black equalizer, penyesuaian kontras, dan crosshair di layar.

Singkatnya, meski jajaran TV Bravia XR Sony tahun 2023 menawarkan peningkatan sederhana dibandingkan dengan pendahulunya, fokus perusahaan pada pemrosesan gambar dan kemampuan bermain gim, bersama dengan pengenalan Eco Dashboard dan menu pengaturan permainan, akan memberi pengguna pengalaman menonton yang lebih baik.

Share
×
tekid
back to top