sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
Selasa, 09 Jun 2020 11:45 WIB

Smart TV Samsung punya bezel ultra tipis

Samsung Q950 digadang-gadang sebagai TV pertama di industri yang menghadirkan audio surround dan resolusi natif 8K dalam wujud ultra tipis serta elegan.

Smart TV Samsung punya bezel ultra tipis

Samsung baru saja memperkenalkan generasi baru jajaran smart TV QLED 8K 2020. Dari beberapa yang produk yang dikenalkan, salah satunya adalah TV 8K Q950TS yang mengadopsi desain layar Infinity Screen. Desain ini diklaim memiliki perbandingan screen-to-body 99 persen. Samsung Q950 digadang-gadang sebagai TV pertama di industri yang menghadirkan audio surround dan resolusi 8K dalam wujud ultra tipis serta elegan.

Setelah melalui proses yang panjang, para desainer dan developer di Samsung bekerja sama memproduksi Infinity Screen yang belum pernah ada sebelumnya, yang memanfaatkan 99 persen area pada layar dan hadir dengan ketebalan 15 mm sehingga terlihat ramping.

“Fokus konsumen idealnya hanya tertuju pada menonton dan mendengarkan ketika menikmati konten di TV mereka. Untuk mencapai ini, kami menerapkan desain yang mengurangi bezel dan matriks hitam per 0,1 mm setiap kali percobaan, kami menemukan nilai optimal untuk layar ini, yaitu 0,8 mm untuk bezel dan 0,9 mm untuk matriks hitamnya,” kata Samsung.

Selain berinovasi di sisi depan perangkat, tim tersebut juga menghilangkan elemen yang tidak diperlukan dari sisi belakangnya. Tidak seperti bagian belakang TV konvensional yang tipis di kedua ujungnya tetapi menjadi tebal di bagian tengah, QLED 8K TV 2020 menerapkan desain belakang datar yang memiliki ketebalan konsisten pada 15 mm.

Samsung mendesain bezel yang dikhususkan untuk layar unik pada Q950 dengan mengubah material yang digunakan dalam produksi. Sebelumnya, bahan utama untuk produk tersebut adalah alumunium, tetapi untuk produk ini, stainless steel disebar pada lapisan tertipis yang dibuat dengan menggunakan metode khusus guna meningkatkan daya tahannya.

Kaki penyangga TV konvensional biasanya menerapkan desain yang menonjol. Namun, dudukan QLED 8K TV 2020 berbentuk kecil dan sederhana agar lebih menonjolkan layar. Selain itu, memahami bahwa setiap pengguna memiliki gaya yang berbeda untuk menempatkan TV mereka, tim dari Samsung memutuskan bahwa desain sederhana lebih cocok untuk kebutuhan semua orang.

Share
×
img
×
tekid
back to top