sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Kamis, 09 Jun 2022 18:05 WIB

Smart TV Samsung Neo QLED 8K 2022 tiba di Indonesia, bisa tayangkan konten 8K dari sumber apapun

Samsung baru saja meluncurkan smart TV flagship terbaru mereka lewat Neo QLED 8K. berbasis penerangan Mini LED, pengguna bisa menonton video beresolusi rendah menjadi setara 8K.

Smart TV Samsung Neo QLED 8K 2022 tiba di Indonesia, bisa tayangkan konten 8K dari sumber apapun

Samsung baru saja meluncurkan televisi pintar (smart TV) flagship terbaru mereka ke Indonesia. Smart TV ini adalah Samsung Neo QLED 8K 2022. Sebagai informasi, perbedaan teknologi Neo QLED dan QLED ‘reguler’ terdapat pada pencahayaan latar belakangnya. Jika QLED memiliki lampu LED konvensional, Neo QLED di sisi lain memiliki penerangan lampu Mini LED.

Mini LED memiliki ukuran 40 kali lebih kecil dibandingkan dengan LED biasa. Dengan demikian Neo QLED 8K 2022 memiliki lampu LED lebih banyak dibandingkan dengan QLED. Samsung mengklaim bahwa jumlah Mini LED pada Neo QLED lebih banyak 33 kali lipat dari model QLED, dengan demikian menjanjikan warna lebih cerah dan kontras lebih tinggi.

Pada tahun ini Samsung Neo QLED 8K hadir dengan Neural Quantum Processor 8K yang diperkuat dengan 20 neural network dan kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis sumber konten dan melakukan upscaling dengan lebih cepat dan presisi dari model sebelumnya. Oleh karenanya, pengguna bisa menikmati video-video beresolusi rendah dan meningkatkannya pada resolusi setara 8K. Namun, Samsung tidak menjelaskan berapa minimal resolusi video yang dapat di-upscaling.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Samsung Neo QLED 8K memiliki kontras yang baik berkat penerangan Mini LED. Hal ini juga diperkuat dengan teknologi Quantum Matrix Pro sehingga visual yang ditayangkan lebih mendetail pada adegan gelap maupun terang.

Tidak luput pula teknologi Shape Adaptive Light Control yang dapat mengatur kecerahan area gambar dengan presisi tanpa menyebabkan blooming (gangguan di mana lampu LED berpendar terlalu terang sehingga mengorbankan detail gambar. Contohnya, saat menampilkan bulan purnama, area bulan akan nampak terang seutuhnya, dan di sekitar bulan tersebut langit akan tetap tampil gelap.

Samsung menyatakan bahwa smart TV flagship mereka hadir dengan fitur EyeComfort Mode. Sesuai namanya, fitur ini dapat memanjakan mata agar tidak cepat lelah saat menatap layar terlalu lama. Layar TV akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan cahaya yang terdeteksi di ruangan sekitarnya berkat integrasi sensor khusus.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah MultiView, yang mana TV Samsung Neo QLED 8K bisa menampilkan hingga empat area untuk menyaksikan konten dari empat sumber berbeda pada waktu yang sama, termasuk konten dari ponsel. Dengan aplikasi SmartThings, pengguna bisa mengelola berbagai perangkat pintar di rumah, seperti mesin cuci, dan kulkas, dari layar Neo QLED 8K.

Sebagai smart TV, tentu saja Samsung Neo QLED 8K 2022 memiliki sistem operasi. Seperti smart TV Samsung yang sudah ada produk anyar ini memiliki sistem operasi Tizen dengan antarmuka yang disebut Smart Hub. Antarmuka pengguna ini digadang-gadang mudah digunakan untuk membantu pengguna dalam menjelajahi berbagai konten dengan cepat, termasuk menjalankan fitur produktivitas remote PC, Microsoft 365, dan Samsung DeX.

Selain melanjutkan kemasan Eco-packaging, Neo QLED 8K 2022 kini sudah dilengkapi SolarCell Remote yang diklaim 88% lebih efisien dibandingkan model 2020 karena benar-benar bebas baterai dan diisi ulang dengan tenaga surya, cahaya lampu, charging via USB, maupun energi cadangan yang dipancarkan oleh router Wi-Fi.

Di Indonesia, Samsung Neo QLED 8K 2022 tersedia dalam 2 tipe, yaitu QN900B (85 inci) dan QN700B (55,65, dan 75 inci). Neo QLED 2022 juga tersedia dalam resolusi 4K yang tersedia dalam 2 tipe pula, yaitu QN90B (55, 65, 98 inci) dan QN85B (55 inci).

Share
×
tekid
back to top