Smart TV Panasonic akan terintegrasi Google Assistant dan Alexa

Ketika sudah mendapatkan pembaruan firmware tersebut, pengguna Smart TV Panasonic yang memiliki smart speaker berbasis Google Assistant dan/atau Alexa akan dapat mengontrol televisi via suara .

Smart TV Panasonic akan terintegrasi Google Assistant dan Alexa

Sistem perintah suara terus ada di macam-macam perangkat, mulai dan smartphone, tablet, headphone, dan bahkan kali ini ada di televisi. Dilansir dari What Hifi (2/11), Panasonic baru saja merilis pembaruan firmware yang memungkinkan jajaran Smart TV 4K keluaran tahun 2018 mereka di Eropa bisa berfungsi dengan Google Assistant dan Amazon Alexa lewat smart speaker yang mendukung.

Ketika sudah mendapatkan pembaruan firmware tersebut, pengguna Smart TV Panasonic yang memiliki smart speaker berbasis Google Assistant dan/atau Alexa akan dapat mengontrol via suara kepada televisi. Pengguna dapat mengaktifkan, mematikan, mengganti channel, mengatur volume cuma lewat perintah suara.


BACA JUGA

Panasonic punya layar OLED transparan

Panasonic bakal hadirkan mirrorless beresolusi 8K

Panasonic punya SSD tahan banting


Pengguna Smart TV Panasonic yang memenuhi syarat akan mendapatkan informasi untuk melakukan pembaruan firmware ketika sedang terkoneksi internet. Ketika pembaruan selesai diunduh, televisi tersebut dapat dihubungkan ke smart speaker via aplikasi Google Home atau Amazone Alexa.

Sepertinya pengguna Smart TV Panasonic di Indonesia belum bisa melakukan hal tersebut mengingat penetrasi smart speaker di sini masih sangat jarang. Lagipula, saya pribadi tidak terlalu menyukai mengontrol televisi via suara, ya rasanya aneh gimana gitu.

Oleh karena itu saya tetap mengandalkan remote control konvensional untuk mengakses menu televisi. Sebagai catatan, Smart TV Panasonic memang dilengkapi oleh perintah suara yang dapat dilakukan lewat remote control-nya. Tetapi perintah yang dimilikinya belum semutakhir Google Asisstant maupun Amazon Alexa.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: