sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Selasa, 08 Jun 2021 17:49 WIB

Ini gambaran cepatnya jaringan 5G dalam skenario pengunaan sehari-hari

Sebagai pelopor jaringan 5G di Indonesia, OPPO memberikan gambaran bagaimana kecepatan 5G digunakan dalam berbagai skenario, mulai dari mengunduh dan mengunggah file berukuran besar, mengunduh gim populer, dan streaming video beresolusi tinggi dengan lancar.

Ini gambaran cepatnya jaringan 5G dalam skenario pengunaan sehari-hari

Mungkin tidak berlebihan jika mengatakan bahwa koneksi internet cepat sudah menjadi kebutuhan. Saat ini 5G menjadi koneksi terbaru setelah beberapa saat lalu hadir di Indonesia oleh salah satu operator terkemuka Indonesia.

Kebanyakan pemberitaan saat ini masih seputar uji kecepatan konektivitas generasi terbaru tersebut. Tentu saja itu tidak terlalu memberikan gambaran yang terlalu jelas kepada orang-orang ketika digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sebagai pelopor 5G di Indonesia, OPPO hari ini (8/6), melakukan uji coba kecepatan 5G untuk berbagai skenario. Sebagai acuan, uji coba skenario tersebut dilakukan pula dengan konektivitas 4G. Sebagai informasi, ponsel yang digunakan untuk melakukan skenario 5G adalah OPPO Reno5 5G. Di sisi lain, konektivitas 4G dilakukan oleh ponsel OPPO A74. Kedua ponsel OPPO tersebut disematkan dengan kartu dari operator yang sama.

Percobaan pertama mengacu kepada akses cloud storage. Jaringan dengan kecepatan tinggi akan mempermudah pengguna perangkat 5G untuk menyimpan file secara online. Prosesnya juga bisa dibilang lebih praktis ketimbang menggunakan medium seperti flashdisk atau semacamnya.

Ketika mencoba mengunggah file video OPPO MARVEL dengan ukuran sebesar 337 MB ke layanan Google Drive, ponsel OPPO dengan jaringan 4G memerlukan waktu rata-rata sekitar 4 menit 48 detik . Sedangkan ponsel OPPO dengan dukungan internet 5G hanya membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat, yakni hanya 3 menit 34 detik.

Setelah mengunggah file untuk disimpan di layanan cloud, tentunya pengguna juga bisa mengunduhnya. Skenario juga menyertakan mengunduh file yang sama (337 MB). Jaringan 4G memerlukan waktu 1 menit 47 detik. Sudah dapat ditebak bahwa jaringan 5G memerlukan waktu yang jauh lebih singkat, yakni hanya 57 detik. Ini menandakan bahwa 5G dapat menghemat waktu hampir 100%.

Skenario percobaan selanjutnya adalah mengunduh gim Call of Duty Mobile di Google Play Store dengan ukuran file cukup besar, yakni 2,7 GB. Konektivitas 4G dapat merampungkan tugas ini selama 13 menit 31 detik. Sementara itu, konektivitas di ponsel OPPO Reno5 5G mampu menyelesaikannya dengan waktu yang sangat jauh lebih cepat, yaitu hanya 2 menit 26 detik. Ya, kalian tidak perlu menunggu terlalu lama mengunduh gim sebesar 2,7 GB di jaringan 5G.

Pada era serba terkoneksi seperti saat ini, kita pasti sering menonton secara online. Skenario pengujian kegiatan sehari-hari juga melibatkan pemutaran video 4K secara online. Selama uji coba ini, jaringan 4G akan melakukan sedikit buffering video YouTube ketika saya mempercepat slider ke beberapa titik. Dengan 5G, saya bebas mempercepat slider video tanpa gangguan buffering.

OPPO Reno5 5G sendiri adalah salah satu perangkat 5G yang telah meluncur di Indonesia. Ponsel ini hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 765G. Salah satu yang membuat pengalaman menggunakan smartphone OPPO cukup menyenangkan adalah sistem operasinya yang dikenal dengan ColorOS. Ya, sistem operasi yang terus dikembangkan tim litbang OPPO ini menawarkan banyak hal untuk penggunanya. Tujuannya untuk memberikan pengalaman paling personal dan lebih baik antara perangkat OPPO dengan penggunanya.

Terlebih lagi untuk varian OPPO Reno5, sistem operasinya sudah yang terbaru yakni ColorOS 11. Versi ColorOS ini menawarkan kustomisasi yang sangat luas, memiliki system keamanan yang baik, juga mengoptimalkan kinerja perangkat.

Share
×
tekid
back to top