sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 15 Des 2021 17:11 WIB

SK Hynix uji coba chip RAM DDR5 sebesar 24GB

Dengan menggunakan chip ini, mereka berhasil membuat modul RAM dengan total kapasitas per stik menyentuh 96GB.

SK Hynix uji coba chip RAM DDR5 sebesar 24GB

RAM DDR5 saat ini baru menjadi sebuah komoditi setelah Intel memperkenalkan jajaran prosesor generasi ke-12 mereka. Seperti diketahui, prosesor tersebut membutuhkan RAM DDR5 untuk mendapatkan performa terbaiknya.

Namun, baru beberapa bulan RAM DDR5 diperkenalkan dan dijual secara resmi, SK Hynix mengumumkan generasi RAM DDR5 yang baru, yang sudah disempurnakan. Sampel RAM yang mereka miliki dapat menembus 24GB RAM per chip.

RAM ini disebut menggunakan standar komprehensif yang ditentukan oleh JEDEC (Joint Electron Device Engineering Council) dan diterapkan pada PC, server, dan aplikasi lain, termasuk di lima generasi seperti generasi 1, 2, 3, 4, dan 5.

Dilansir dari Wccftech (15/12), bahwa DDR5 24Gb baru diproduksi dengan teknologi 1anm mutakhir yang memanfaatkan proses EUV. RAM ini memiliki kepadatan 24Gb per chip, dimana meningkat dari 16GB.

Hal ini dapat dilakukan dengan peningkatan efisiensi produksi dan peningkatan kecepatan hingga 33%. Selain itu, SK hynix berhasil mengurangi konsumsi daya produk sebesar 25% dibandingkan RAM DDR5 generasi saat ini.

Akan ada dua modul yang akan menggunakan chip ini. Satu modul memiliki total 48GB RAM (yang hadir dengan dua chip), dan modul lain memiliki modul sebesar 96GB (yang hadir dengan total empat chip).

Kedua modul ini ditujukan untuk pusat data cloud. Namun, RAM ini juga akan dapat memberikan keunggulan untuk server berkinerja tinggi untuk pemrosesan data besar seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin, serta mewujudkan aplikasi Metaverse.

Share
×
tekid
back to top