sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 20 Jan 2023 09:59 WIB

Shanghai ingin jadi pusat robot industri di 2025

Pada tahun 2025 Tiongkok ingin dianggap sebagai pemimpin global dalam robotika dan Shanghai memberikan kontribusi besar untuk mencapai tujuan ini.

Shanghai ingin jadi pusat robot industri di 2025

Shanghai, yang biasanya dikenal dengan kemajuannya di bidang keuangan, bisnis, dan teknologi, kini menambah keunggulannya dengan bertujuan untuk menjadi Pemimpin Robot Industri. Kota ini telah mengalami peningkatan 6% dalam output year-on-year (YoY) dari robot yang digunakan di sektor manufaktur pintar.

Pada tahun 2022, lebih dari 75.000 unit robot baru dipasang di Shanghai yang menjadikannya kota nomor satu di Tiongkok untuk robotika industri. Otoritas lokal Komisi Ekonomi dan Informasi Kota Shanghai telah mengisyaratkan bahwa Kepadatan Robot (Robot Density) di kota akan meningkat 100 dalam tiga tahun ke depan.

Robot Density diukur dengan jumlah instalasi per 10.000 karyawan. Menurut laporan IFR (International Federation of Robotics) terbaru tentang Robot Density, Korea Selatan adalah pemimpin yang tidak perlu dipersoalkan, dengan Robot Density 1000 diikuti oleh Singapura, Jepang, dan jerman. Namun, Tiongkok juga memimpin kompetisi dengan melampaui AS dan mencapai posisi kelima dengan kepadatan 322.

Untuk mendukung sektor manufaktur pintar dan robotika, Shanghai Metropolis berencana membangun 10 merek robot terkemuka di industri, 20 pabrik pintar tingkat kota, dan lebih dari 100 aplikasi robot benchmark yang akan memperluas hasil industri menjadi 100 miliar yuan. Pada tahun 2025, otoritas lokal Tiongkok berencana untuk membangun 20 pabrik timah Tingkat Kota dan 200 pabrik pintar yang akan menempatkan kota tersebut di peta global robotika industri canggih.

Dilansir dari Gizmochina (20/1), Shanghai adalah kota pertama di Tiongkok yang memasukkan statistik Robot Density. Menurut data seluruh kota, Shanghai telah melampaui dua kali lipat rata-rata Robot Density global dengan industri utama terhitung dengan kepadatan 383 dan perusahaan besar menunjukkan kepadatan 260. Menurut Tang Enkan, wakil direktur Komisi Shanghai Ekonomi dan Informatisasi, robot telah menjadi bagian dari transformasi digital perkotaan dengan menjadi asisten kerja dan mitra hidup bagi warga.

Rencana Lima Tahun Tiongkok ke-14 berfokus pada pengembangan industri robotik dan menyatakan bahwa negara tersebut bertujuan untuk menjadi pusat global untuk robotika dan inovasi pada tahun 2025. Tiongkok memobilisasi sumber daya dan investasi besar-besaran untuk mengembangkan industri robotik dan telah menjadi pasar robot dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Pada tahun 2025 Tiongkok ingin dianggap sebagai pemimpin global dalam robotika dan Shanghai memberikan kontribusi besar untuk mencapai tujuan ini.

Tag
Share
×
tekid
back to top