Setelah Kirin, Huawei luncurkan dua prosesor khusus AI

Ascend 910 dan Ascend 310 merupakan prosesor khusus AI yang akan menantang langsung prosesor AI milik Nvidia.

Setelah Kirin, Huawei luncurkan dua prosesor khusus AI Ilustrasi Prosesor Huawei (Android Central)

Huawei beberapa saat lalu baru saja meluncurkan prosesor mobile mereka, Kirin 980. Namun, baru-baru ini mereka meluncurkan dua prosesor baru yang bernama Ascend 910 dan Ascend 310.

Kedua prosesor ini disebut tidak akan memakan pasar Kirin mereka di pasar prosesor mobile. Melainkan, Ascend 910 dan Ascend 310 akan ditujukan untuk menantang prosesor Artificial Intelligence (AI) milik Nvidia.


BACA JUGA

Huawei pamer kesuksesan penjualan seri Nova

Huawei Nova 4 punya kamera 48 MP

Huawei punya Gedung Putih rahasia di China


Meski demikian, CNBC (10/10) menyebut jika perusahaan asal China tersebut mengunggulkan Ascend 910 untuk pusat data. Perusahaan yang menggunakan aplikasi AI memerlukan data dalam jumlah besar untuk melatih algoritma cerdas, yang dapat memakan waktu hinga beberapa minggu.

Mereka mengklaim bahwa chip-nya dapat memproses lebih banyak data dalam jumlah waktu yang lebih cepat daripada pesaingnya dan membantu melatih jaringan dalam hitungan menit.

Sementara, untuk Ascend 310 ditujukan untuk perangkat yang terhubung ke internet seperti jam pintar, dan gadget lain yang terkait dengan Internet of Things

Kedua prosesor ini akan membuat Huawei sejajar dengan pemain utama seperti Intel, Qualcomm, Nvidia dan Samsung. Ini merupakan perubahan besar dari strategi Huawei, yang sejauh ini merancang dan membuat chip untuk smartphone sendiri. Selain itu, pengembangan proseosr ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem di sekitar aplikasi kecerdasan buatan.

"Ke depan kita perlu memikirkan cara-cara baru untuk mempersiapkan bisnis dan industri kita untuk perubahan. Ada tanda-tanda yang jelas bahwa AI akan mengubah atau mengganggu sejumlah industri," kata salah satu petinggi Huawei, Eric Xu.

"AI juga akan mengubah setiap organisasi. AI akan mengubah pekerjaan dan keterampilan dengan cara ... yang sangat berbeda dari revolusi sebelumnya," ujar Eric.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: