sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Senin, 26 Sep 2022 12:30 WIB

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan VPN dan proxy

VPN dan proxy memang memungkinkan pengguna menjelajahi situs dari lokasi yang sebenarnya tidak dikunjungi. Namun, keduanya memiliki cara kerja yang berbeda dalam mencapai tujuannya. 

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan VPN dan proxy
Source: Pexels

VPN dan proxy mungkin adalah dua kata yang selalu kita dengan berdampingan. Sebagian orang mungkin menganggap keduanya sama, namun dalam praktiknya sebenarnya berbeda. 

Pada dasarnya, VPN dan proxy memang memungkinkan pengguna menjelajahi situs dari lokasi yang sebenarnya tidak dikunjungi. Namun, keduanya memiliki cara kerja yang berbeda dalam mencapai tujuannya. 

Di dunia di mana privasi dan keamanan internet adalah sesuatu yang banyak dipedulikan orang, Anda mungkin pernah mendengar VPN atau proxy adalah cara yang baik untuk melindungi diri saat menjelajahi situs web.

Meskipun privasi bukan hal utama yang Anda pedulikan, ada beberapa alasan lain orang-orang menggunakan VPN atau proxy. Namun, agar tidak salah kaprah dalam penggunaannya, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu VPN dan proxy.

Pengertian VPN

Dilansir dari SlashGear (26/9), Virtual Private Network (VPN) memungkinkan Anda menjelajahi web secara pribadi dan aman dengan tingkat enkripsi yang terlibat antara Anda dan penyedia VPN. VPN sering digunakan untuk mengakses layanan atau aplikasi yang dibatasi secara geografis ke lokasi tertentu.

Misalnya, VPN dapat mengubah server platform streaming ke negara lain, sehingga Anda dapat menyaksikan judul-judul dari platform streaming yang layanannya belum diperluas di wilayah Anda. Meskipun kami tidak menyarankan tindakan ini, namun ini adalah skenario umum.

Namun, VPN tidaklah sempurna. Banyak layanan streaming dan aplikasi modern dapat mendeteksi VPN dan mengunci Anda. Itu karena sebagian besar aplikasi VPN populer menggunakan kembali daftar alamat IP yang sama. Jadi, jika platform streaming melihat sekumpulan alamat IP tertentu digunakan untuk masuk ke ribuan akun yang berbeda, hal itu dapat memicu tanda bahaya, karena Anda teridentifikasi sebagai spammer yang mencoba masuk ke sistem mereka. 

VPN juga biasanya membutuhkan biaya untuk beroperasi karena memerlukan komputer terpisah yang terletak di tempat lain untuk memproses semua permintaan Anda. Itulah sebabnya aplikasi VPN biasanya menawarkan langganan yang meminta pengguna untuk membayar biaya per bulan. 

Pengertian proxy

Di sisi lain, proxy jauh lebih sederhana dari VPN. Proxy dapat menyembunyikan alamat IP Anda, tetapi tidak banyak. Karena proxy tidak dienkripsi, ISP dan pemerintah berpotensi mengintip semua lalu lintas jaringan Anda. Demikian juga, peretas yang andal juga dapat mengungkapkan lokasi Anda yang sebenarnya. Untuk itu, proxy biasanya gratis dan digunakan langsung di perangkat siapapun.

Proxy juga menawarkan sedikit lebih banyak fleksibilitas karena dapat diatur dalam browser atau aplikasi tertentu daripada melahap semua lalu lintas jaringan perangkat Anda. Sisi buruknya, karena proxy tidak berbayar, banyak oknum yang akan menjual data Anda kepada pengiklan untuk menutup biaya atau mungkin terlibat dalam "perilaku mencurigakan," menurut Malwarebytes.

Perbedaan VPN dan proxy

Secara keseluruhan, kekuatan terbesar VPN adalah mengenkripsi data dan mengambil alih seluruh perangkat yang Anda gunakan. Itu berarti setiap byte data yang keluar dari perangkat Anda dienkripsi selama VPN aktif dan diatur dengan benar. 

Di sisi lain, proxy biasanya tidak mengambil alih seluruh jaringan Anda. Alamat IP Anda mungkin disembunyikan di suatu browser, tapi dapat terlihat di tempat lain. 

Proxy paling cocok untuk tugas dengan prioritas lebih rendah dan tidak penting. Misalnya, katakanlah Anda mencoba menjangkau teman yang berada di belahan dunia lain tetapi sebagian besar aplikasi pesan suara tidak tersedia di negara teman Anda. 

Menghubungi mereka melalui telepon biasa akan menguras banyak biaya karena sambungan jarak jauh. Apa solusinya? Teman tersebut dapat mengatur server proxy dan mengunduh sesuatu seperti WhatsApp, yang menawarkan panggilan gratis melalui VoIP. 

Tag
Share
×
tekid
back to top