Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Sebenarnya, Apple berencana untuk menyematkan kamera ToF di 2019, tapi diundur ke 2020 karena beberapa alasan.

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020 iPhone (Apple)

Apple tampaknya akan menyematkan sensor Time of Flight (ToF) tidak hanya di kamera depan iPhone mereka. Melainkan, mereka akan menyematkan fitur tersebut di dalam kamera utama iPhone dalam waktu dekat ini.

Dalam sebuah bocoran terbaru, Apple tidak hanya akan menggunakan kamera ToF standar, melainkan akan menggunakan kamera sensor 3D ToF. Perangkat iPhone pertama yang akan mendapatkan teknologi ini adalah iPhone 2020 mendatang.


BACA JUGA

iPhone tahun depan bakal pakai layar OLED buatan Tiongkok

Layanan gim berlangganan Apple Arcade bakal seharga Rp71 ribu perbulan

Apple bakal perkenalkan iPad 7 Oktober mendatang


Untuk mempercepat hal tersebut, perusahaan asal Cupertino tersebut telah bekerja sama dengan pemasoknya untuk memastikan bahwa sensor 3D ToF siap pada waktunya untuk peluncuran 2020.

Teknologi 3D ToF ini berfungsi serupa dengan kamera TrueDepth di bagian depan iPhone. 3D ToF berfungsi untuk memetakan wajah pengguna. Namun, sebelumnya Apple tidak berencana menyematkan teknologi ini di kamera belakang iPhone.

Dengan dipasangkan kamera 3D ToF di kamera belakang iPhone, perangkat tersebut akan menangkap jarak objek hingga ukuran meter, bukan hanya centimeter saja. Semua gambar juga akan ditangkap dalam bentuk data mentah, seperti lapor Wccftech (19/7).

Unit VCSEL 3D yang ada di 3D ToF saat ‘terbang’ akan dapat menghasilkan peta 3D dengan tingkat ketelitian tinggi dan memberi ruang bagi pengalaman AR dan VR yang lebih baik. Ke depannya, pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi yang jauh lebih berguna bagi para penggunanya.

Sebelumnya, laporan mengenai sensor 3D ToF di kamera belakang akan melakukan debutnya pada iPhone 2019. Tapi, karena pemasok dari teknologi tersebut masih belum siap, maka Apple harus bersabar hingga 2020 mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: