sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Kamis, 30 Apr 2020 17:28 WIB

Sensor kamera dari OmniVision tawarkan 64 MP untuk ponsel ultra tipis

Sensor mendatang tersebut dibuat dengan basis teknologi PureCel Plus-S eksklusif dari OmniVision dan serangkaian filter warna empat sel (CFA) dengan perangkat keras on-chip.

Sensor kamera dari OmniVision tawarkan 64 MP untuk ponsel ultra tipis
Source: DP Review

Salah satu pabrikan sensor kamera ponsel, OmniVision, belum lama ini mengumumkan sensor berukuran 1/2 inci bernama OV64B yang dilklaim sebagai sensor gambar 64 MP pertama di dunia dengan ukuran piksel 0,7 mikron. Dilansir dari DP Review (30/4), sensor ini hadir khusus untuk kamera ponsel ultra tipis.

Sensor mendatang tersebut dibuat dengan basis teknologi PureCel Plus-S eksklusif dari OmniVision dan serangkaian filter warna empat sel (CFA) dengan perangkat keras on-chip. Selain beresolusi 64 MP (9248 x 6944 piksel), sensor ini juga dapat menampilkan gambar 16 MP yang disebut oleh OmniVision mampu menangkap 4x lebih banyak cahaya atau pixel binning 4-in-1. Perusahaan ini juga mengumumkan mode 16 MP dapat mendukung 2x zoom digital.

Dalam hal video, OV64B digadang-gadang mampu merekam video beresolusi 8K hingga 30 frame per detik (FPS) dan video 4K hingga 40 fps. Terdapat stabilisasi saat perekaman 4K pada kecepatan rekam 30 fps, perlu diingat bahwa stabilisasi tersebut menggunakan proses elektronik atau EIS.

Sensor ini juga diinformasikan mampu merekam hingga kecepatan 240 fps pada resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan hingga 480 fps pada perekaman HD (1280 x 720 piksel).

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah micro-lens phase-detection autofocus 2x2 (ML-PDAF) yang diklaim oleh OmniVision mampu meningkatkan akurasi AF, terutama dalam kondisi minim cahaya seperti pada malam hari.

Tidak ada informasi spesifik yang diberikan terkait produsen mana yang akan menggunakan sensor kamera terbaru ini. Namun, Omnivision mengatakan unit sample pertama akan dikirim ke calon klien pada bulan Mei 2020.

Share
×
tekid
back to top