Sensor di dalam ponsel bisa tentukan kepribadian orang

Peneliti mengatakan data ini dapat digunakan untuk memberi informasi yang lebih baik untuk rekomendasi teman di media sosial, kencan online dan iklan bertarget.

Sensor di dalam ponsel bisa tentukan kepribadian orang Source: Pexels

Banyak informasi pengguna yang tersimpan di dalam sebuah smartphone. Selain riwayat panggilan, pesan, penggunaan aplikasi, dan data lokasi, sebenarnya sensor akselerometer juga menyimpan informasi penting seputar penggunanya. Dilansir dari Engadget (24/7), para peneliti dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University menggunakan sensor kecil yang melacak pergerakan ponsel untuk hal-hal seperti penghitung langkah agar dapat memprediksi lima ciri kepribadian pengguna.

Para peneliti tersebut mengatakan seberapa cepat, seberapa jauh dan kapan pengguna melakukan perjalanannya. Ketika pengguna menerima panggilan pada malam hari sensor juag mampu mengungkapkan pola-pola tersebut. Dengan menghubungkan aktivitas fisik dengan ciri-ciri kepribadian, tim menentukan bahwa orang yang “menyenangkan” memiliki pola aktivitas acak dan lebih sibuk di akhir pekan dan malam hari.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro

Redmi 8 dan 8A siap meluncur, sudah sampai Thailand


Wanita yang sensitif diprediksi bakal memeriksa ponsel mereka secara teratur bahkan sampai malam. Sebaliknya pria yang sensitif tidak membuka ponsel secara teratur. Orang dengan tipe inventif dan ingin tahu melakukan serta menerima panggilan telepon lebih minim dibandingkan dengan yang lain.

Peneliti mengatakan data ini dapat digunakan untuk memberi informasi yang lebih baik mengenai rekomendasi teman di media sosial, kencan online dan iklan tertarget. Mereka juga menyiratkan, cara-cara ini mungkin dapat membantu seseorang lebih memahami diri sendiri. Para peneliti berencana untuk mereplikasi studi di Australia guna mengonfirmasi teorinya. Tetapi ada kekurangan dalam penelitian ini, orang-orang cenderung tidak jujur dalam menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: