Selamat ulang tahun ke-40, Walkman!

Diluncurkan pada 1 Juli 1979, perangkat pemutar kaset milik Sony, yakni Walkman berhasil terjual sebanyak 200 juta unit hingga 2010.

Selamat ulang tahun ke-40, Walkman! Sony Walkman Original (Sony)

Dewasa ini, smartphone merupakan perangkat all-in-one bagi para penggunanya. Selain dapat memutar video dari layanan streaming seperti Netflix dan lainnya, masih banyak pengguna yang menggunakan smartphone untuk memutar lagu di berbagai kesempatan.

Meskipun dapat menikmati musik dimana saja dan kapan saja menggunakan smartphone, namun masih banyak yang belum tahu bahwa bukan Apple yang pertama kali bisa memutar musik melalui perangkat mobile. Seharusnya, Sony lah yang mendapatkan kredit tersebut.


BACA JUGA

Tagar #SaveSpiderMan trending di Twitter

Sony bakal perkenalkan PlayStation 5 awal 2020 mendatang

Sony baru bakal perkenalkan PlayStation 5 awal 2020


Hal ini dikarenakan tepat pada 1 Juli 1979, Sony meluncurkan cassette portable player pertama mereka, yang saat itu populer dengan sebutan Walkman. Ini berarti, perangkat ini sudah berusia 40 tahun pada tahun ini.

Inilah perangkat pertama Sony yang dapat membuat pengguna memutar musik melalui kaset dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. Meski demikian, harus diakui bahwa Walkman bukan perangkat pertama di jenisnya. 

Pemutar musik tersebut memiliki desain yang kompak dan dapat menghasilkan suara yang sangat baik, tanpa harus membolongi kantong penggunanya. Pasalnya, beberapa perusahaan lain, terutama perusahaan asal Eropa mematok harga yang sangat mahal kepada perangkat milik mereka.

Harga yang harus dibayar oleh para penggemar musik adalah sekira USD150 atau sekitar 2 Juta Rupiah. Jika dikonversi dengan inflasi saat ini, maka pengguna harus membayar USD529 atau sekira 7 jutaan untuk memiliki produk tersebut.

Hadirnya perangkat ini pun bisa dibilang sedikit unik. Salah satu pendiri Sony, Masaru Ibuka saat itu sedang mencari cara untuk mendengarkan musik opera kesukaannya dimanapun dan kapanpun. Dia meminta perangkat yang lebih portable daripada pemutar kaset Sony TC-D5, yang dia pakai saat itu.

Kemudian, Ibuka meminta desainer Sony kala itu, Norio Ohga, untuk membuat perangkat tersebut. Tak lama kemudian, dia membangun purwarupa dari kaset Sony Pressman tepat pada waktunya untuk penerbangan Ibuka berikutnya.

Tak lama kemudian, Walkman pertama meluncur di pasaran. Sayang, pada awalnya kepopuleran Walkman tidak seperti yang mereka pikirkan. Namun perangkat ini mulai mendapatkan reaksi beberapa bulan kemudian.

Pada akhirnya, 200 juta pemutar kaset Walkman berhasil terjual. Sedangkan jika berbicara mengenai total penjualan Walkman lain, seperti CD Player, Mini-Disc Player, hingga MP3 Player terjual lebih dari 400 juta.

Sayang, Sony memilih untuk memensiunkan perangkat pemutar kaset klasik Walkman pada tahun 2010. Pilihan ini membuat Sony harus membayar mahal biaya denda kepada penemu asli pemutar kaset portabel, Andreas Pavel. 

Meskipun telah diluncurkan 40 tahun lalu, namun nama Walkman tetap hidup hingga hari ini dalam bentuk pemutar MP3 baru dan aplikasi Walkman Sony.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: