sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Selasa, 24 Mar 2020 16:14 WIB

Selain HP, kontroler gim juga jangan lupa dibersihkan

Membersihkan kontroler gim juga penting untuk menurunkan tingkat risiko terinfeksi virus termasuk corona. Caranya cukup mengelap nya dengan kain atau lap secara perlahan.

Selain HP, kontroler gim juga jangan lupa dibersihkan
Source: Pexels

Sebelum virus corona menyebar, tidak banyak orang berpikir untuk membersihkan kontroler gim. Sejak mewabahnya pandemi ini, orang-orang pun mulai mengimplementasikan lingkungan yang higienis, salah satunya membersihkan kontroler gim, entah itu Xbox, PS4, Google Stadia, ataupun Nintendo.

Menurut penelitian, virus atau bakteri termasuk Covid-19 dapat bertahan di permukaan benda selama 72 jam. Jika kalian dari luar dan sepulangnya langsung memegang kontroler, bayangkan berapa banyak virus dan bakteri yang ditransfer ke kontroler. Belum lagi Jika Anda menyentuh wajah selama sesi permainan, hal itu dapat meningkatkan kemungkinan terinfeksi. 

Maka dari itu lewat WindowsCentral, Microsoft menyarankan penggunanya cara membersihkan kontroler Xbox yang ternyata bisa dilakukan juga pada gamepad atau kontroler lainnya.

Langkah penting pertama untuk membersihkan adalah pastikan tangan anda dalam keadaan bersih. Setelah itu, siapkan kain atau lap untuk menyeka kontroler secara lembut. Jika ingin menggunakan cairan cukup dengan alkohol 70%. Pastikan juga kain tidak terlalu basah. Hal ini untuk menghindari masuknya rembesan ke bagian dalam kontroler. 

Untuk pengguna Elite Controller Series 2, pastikan melepas joysticks, d-pad, baterai, dan paddles terlebih dahulu sebelum membersihkan. "Dan jika anda membersihkan sampai ke  bawah baterai, pastikan kontroler benar-benar kering sebelum memasukkan kembali baterainya, kata Microsoft pada WindowsCentral. 

Sebagian kontroler premiun tidak boleh digosok terus menerus. Maka pastikan juga untuk  menyekanya secara ringan dan perlahan.

Tidak ada hal yang benar-benar harus diperhatikan dalam pembersihan kontroler. Anda hanya perlu konsisten dan membersihkannya secara berkala. Dengan begitu, gamepad dan kontroler anda akan bersih dan mengurangi kemungkinan bakteri hidup di permukaannya.

Share
×
img
×
tekid
back to top