Samyang punya lensa wide-angle anyar untuk mirrorless Sony

Lensa ini hanya berbobot 93 gram dan berukuran 37 mm dari depan ke belakang tanpa hood dan penutup lensa belakang

Samyang punya lensa wide-angle anyar untuk mirrorless Sony

Samyang baru saja mengumumkan lensa autofocus terbaru untuk kamera mirrorless Sony, AF 24mm F2.8 FE. Dilansir dari DP Review (11/6), Samyang menyebut lensa anyar tersebut sebagai lensa ‘kecil tetapi lebar’, dan tampaknya memang demikian. Lensa ini hanya berbobot 93 gram dan berukuran 37 mm dari depan ke belakang tanpa hood dan penutup lensa belakang. Tulisan FE berarti lensa ini kompatibel dengan kamera Sony full frame, termasuk A9 dan A7 III.

Desain optik lensa tersebut terbuat dari 7 elemen dalam 7 grup. Tiga dari elemen optik merupakan lensa aspherical dan dua di antaranya adalah lensa berbias tinggi (high refractive). AF 24mm F2.8 juga dilengkapi dengan ‘ultra multi coating’, yang membantu menghilangkan penyimpangan warna dan dispersi cahaya yang tidak diinginkan.

Berdasarkan gambarnya, lensa ini dilengkapi dengan jarak fokus minimal hanya 0,24 meter dan memiliki ring fokus berbahan karet demi kenyamanan ketika menggunakan mode fokus manual. Lensa Samyang AF 24mm F2.8 dibanderol dengan harga USD400 (Rp5,6 juta). Dikabarkan pula lensa tersebut bakal tersedia bulan Juli, namun belum ada kepastian kapan akan tersedia di Indonesia.

Samyang Optics Company Limited sendiri adalah sebuah pabrikan asal Korea Selatan yang memproduksi lensa, kamera CCTV, dan aksesori fotografi yang didirikan pada tahun 1972. Seluruh lensa Samyang dibuat di Masan, Korea Selatan, termasuk lensa zoom, prime, autofocus, fixed iris yang kompatibel dengan kamera Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, Pentax, Samsung, Yashica, Olympus, dan Panasonic. Tidak ketinggalan pula dukungan untuk sistem kamera dengan T-mount.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: