sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 13 Mei 2022 15:49 WIB

Samsung ungkap teknologi 6G di Samsung 6G Forum

Samsung Electronics mengungkapkan teknologi komunikasi generasi selanjutnya di forum Samsung 6G. Ini diklaim memiliki kecepatan 50 kali dibandingkan 5G.

Samsung ungkap teknologi 6G di Samsung 6G Forum

Pada sebuah acara yang bernama Samsung 6G Forum (S6GF), Samsung Electronics mengumumkan rencananya untuk standar jaringan konektivitas generasi berikutnya, yaitu 6G. Dengan tema ‘The Next Hyper-Connected Experience for All’, forum ini diisi oleh para ahli dari industri yang berspesialisasi dalam teknologi komunikasi generasi mendatang.

Jaringan 6G akan membutuhkan spektrum dengan bandwidth ultra wideband yang bekisar dari “ratusan MHz hingga puluhan GHz”. Dengan kata lain, ini akan memungkinkan hologram mobile berkualitas tinggi dan juga extended reality (XR) yang benar-benar imersif.

Perusahaan itu juga berfokus pada peningkatan cakupan standar komunikasi generasi berikutnya tersebut. Dengan demikian, Samsung mempertimbangkan semua pita yang tersedia untuk 6G, dari pita rendah di bawah 1 GHz hingga pita menengah dalam rentang 1 hingga 24 GHz dan bahkan pita tinggi dalam rentang 24 hingga 300 GHz.

Salah satu tema yang ada di forum tersebut adalah ‘Intelligent Network for 6G’. Tarik Taleb, Profesor di Universitas Oulu, Finlandia, memulai dengan pidato utama tentang ‘jaringan 6G – perjalanan menuju visi baru. Dia menekankan bahwa kecerdasan buatan (AI), virtualisasi fungsi jaringan, dan komputasi edge/cloud membawa manfaat yang signifikan dalam hal pengurangan pengeluaran dan biaya operasional, dan menyebutkan bahwa 6G kemungkinan akan menawarkan angin baru jaringan mobile cloud-native.

Setelah pidato utama, Seungjoo Maeng, Master di Samsung Electronics, Byonghyo Shim, Profesor di Seoul National University dan Shi Jin, Profesor di Southeast University, Tiongkok menyampaikan pembicaraan industri tersebut.

Master Seungjoo Maeng dari Samsung Electronics berbicara tentang ‘tantangan dalam menerapkan teknologi AI/ML untuk meningkatkan kinerja sistem komunikasi mobile’, menyoroti tantangan dalam menerapkan AI dan ML (Machine Learning) untuk meningkatkan performa sistem komunikasi mobile nirkabel dan cara mengatasinya.

Pada kemungkinan peningkatan yang 6G, konektivitas generasi mendatang ini diklaim memiliki kecepatan hingga 1 Terabit per detik (Tbps), yang merupakan 50 kali lebih cepat daripada 20 Gbps pada jaringan 5G. Selama pengujiannya, perusahaan ini berhasil menunjukkan kecepatan data 6 Gbps pada jarak 15 meter di dalam ruangan. Pada jarak 30 meter di dalam ruangan, jaringan berhasil memiliki kecepatan data 12 Gbps. Bahkan pada jarak 120 meter, kecepatan datanya masih mencapai 2,3 Gbps.

Share
×
tekid
back to top