sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Kamis, 07 Jan 2021 08:30 WIB

Samsung umumkan Smart TV dengan teknologi Neo QLED dan Micro LED

Perusahaan menyebut ini sebagai teknologi baru karena menambahkan panel QLED dengan sumber cahaya baru bernama Quantum Mini LED.

Samsung  umumkan Smart TV dengan teknologi Neo QLED dan Micro LED

Bisa dibilang, Samsung merupakan salah satu perusahaan teratas dalam hal TV. Awal tahun ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan jajaran teknologi panel layar terbaru yang menyertakan Neo QLED dan Micro LED menjelang ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021.

Teknologi layar Neo QLED digadang-gadang merupakan sebuah panel yang sepenuhnya baru dari Samsung. Panel ini hadir pada model TV flagship 8K (QN900A) dan 4K (QN90A). Perusahaan menyebut ini sebagai teknologi baru karena menambahkan panel QLED dengan sumber cahaya baru bernama Quantum Mini LED, yang dikontrol secara presisi menggunakan teknologi Quantum Matrix dan Neo Quantum Processor.

Ketimbang menggunakan lensa untuk menyebarkan cahaya, Quantum Mini LED memiliki lapisan-lapisan mikro sangat tipis yang diisi dengan lebih banyak LED. Quantum Matrix Technology memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi dari sekumpulan LED tersebut. Kegunaan dari metode ini adalah mencegah hadirnya gangguan blooming.

NEO QLED meningkatkan skala penerangan menjadi 12 bit dengan 4096 langkah, menjanjikan area gelap menjadi lebih hitam dan area terang menjadi lebih cerah. Dengan demikian, pengalaman HDR yang diberikannya menjadi lebih imersif. TV dengan panel ini hadir dengan resolusi 4K dan 8K. Meski demikian, pengguna tidak perlu khawatir ketika ingin menonton konten dengan resolusi rendah, karena Neo Quantum Processor memiliki kemampaun AI upscaling dan teknologi deep learning agar konten terlihat tajam.

Di sisi lain, Samsung juga membuat panel layar Micro LED yang tersedia dalam beragam form factor sehingga diklaim menghadirkan pengalaman visual menakjubkan. TV Micro LED besutan Samsung hadir dengan ukuran hingga 110 inci. Rangkaian lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional.

Sama seperti teknologi OLED, TV berteknologi Micro LED memiliki masing-masing piksel yang dapat menyala sendiri. Meski demikian, Micro LED memiliki keunggulan jika dibandingan dengan panel OLED konvensional seperti kecerahan yang lebih tinggi, masa pakai yang lebih panjang, tidak ada risiko gangguan burn-in, dan lain-lain.

Samsung memiliki inovasi yang memanfaatkan teknologi besarnya layar Micro LED. Terdapat fitur 4Vue (Quad View) untuk menonton empat sumber konten yang berbeda secara bersamaan di satu layar. Pengguna dapat menghubungkan beberapa perangkat eksternal untuk mengikuti beberapa pertandingan sekaligus, atau streaming panduan bermain saat memainkan video gim.

Dari sisi audio TV dengan panel laar Micro LED diperkuat dengan Majestic Sound, yang digadang-gadang mampu menyajikan format audio 5.1 channel tanpa speaker eksternal. Dengan demikian, pengalaman menonton menjadi lebih optmal dengan tata suara surround layaknya bioskop.

Share
×
tekid
back to top