sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Kamis, 02 Sep 2021 15:46 WIB

Samsung umumkan sensor kamera beresolusi 200 MP

Sensor tersebut menggabungkan 4 piksel untuk menurunkan resolusi menjadi 50 MP, sehingga dapat mengambil video 8K tanpa perlu memotong atau memperkecil gambar.

Samsung umumkan sensor kamera beresolusi 200 MP

Samsung baru saja mengumumkan ISOCELL HP1 sebagai sensor gambar 200 MP pertama di dunia dengan ukuran fotodioda 0,64 mikrometer. Bersamaan dengan itu, perusahaan tersebut juga telah mengumumkan ISOCELL GN5 50 MP sebagai sensor pertama yang mengadopsi teknologi AF Dual Pixel Pro.

ISOCELL HP1 menampilkan teknologi ChameleonCell terbaru, sebuah teknologi pixel-binning yang menggunakan tata letak piksel dua kali lipat, empat kali lipat, atau penuh tergantung pada lingkungan. Ini dapat merekam video 8K pada 30 fps dengan bidang pandang yang tinggi.

Dilansir dari Gizmochina (2/9), sensor tersebut menggabungkan 4 piksel untuk menurunkan resolusi menjadi 50 MP, sehingga dapat mengambil video 8K tanpa perlu memotong atau memperkecil gambar penuh. Dalam lingkungan minim cahaya, HP1 berubah menjadi sensor gambar 12,5 MP dengan menggabungkan 16 piksel menjadi 1 sehingga mampu menyerap lebih banyak cahaya.

Di sisi lain, Samsung ISOCELL GN5 adalah sensor gambar 1,0 mikrometer pertama di industri yang mengintegrasikan teknologi Dual Pixel Pro. Ini adalah teknologi AF semua arah yang secara substansial dapat meningkatkan kemampuan fokus otomatis.

Teknologi tersebut menempatkan dua fotodioda dalam setiap piksel 1,0 mikrometer baik secara horizontal maupun vertikal untuk mengenali perubahan pola ke segala arah. Dengan satu juta fotodioda multi-arah phase-detection yang mencakup semua area sensor, performa AF menjadi lebih cepat.

ISOCELL GN5 menggunakan teknologi piksel milik Samsung, yang menerapkan Front Deep Trench Isolation (FDTI) pada produk Dual Pixel – yang pertama di industri. Terlepas dari ukuran fotodioda mikroskopis, FTDI memungkinkan setiap fotodioda menyerap dan menyimpan lebih banyak informasi cahaya, meningkatkan kualitas gambar dan mengurangi gangguan crosstalk dalam piksel.

Samsung sudah mengirimkan sensor ISOCELL HP1 dan ISOCELL GN5 ke produsen ponsel. Ini berarti akan ada perangkat baru dengan sensor ini sekitar akhir tahun ini atau awal tahun depan. Ada juga kemungkinan bahwa seri Galaxy S22 yang akan datang dilengkapi dengan sensor kamera 200 MP tersebut.

Share
×
tekid
back to top