sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Rabu, 15 Jul 2020 10:17 WIB

Samsung siapkan jaringan 6G tahun 2028

Samsung memperkirakan kecepatan data maksimal 1.000 gigabit per detik dengan latensi yang lebih rendah dari 100 mikrodetik dan 50 kali kecepatan data maksimal 5G.

Samsung siapkan jaringan 6G tahun 2028
Source: Gizmochina

Salah satu raksasa teknologi, Samsung, memiliki rencana untuk menghadirkan jaringan generasi baru pada awal tahun 2028. Mereka mengatakan bahwa konektivitas 6G bakal siap secara komersil pada tahun tersebut dan akan menjadi mainstream pada tahun 2030.

Beberapa waktu lalu perusahaan tersebut merilis laporan berjudul “Pengalaman Koneksi Hiper-Cepat Baru untuk Semua.” Ini menguraikan visi mereka untuk jaringan 6G. Dilansir dari Gizmochina (15/7), laporan tersebut juga menyertakan tren teknis dan sosial, layanan baru, persyaratan, kandidat teknologi dan time line standardisasi yang diharapkan. Dengan kata lain, peta jalan (roadmap) awal 6G dibuat melalui pengalaman 5G.

“Sementara komersialisasi 5G masih dalam tahap awal, tidak pernah terlalu dini untuk mulai mempersiapkan 6G karena biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 tahun dari awal penelitian hingga komersialisasi generasi baru teknologi komunikasi,” kata Head of the Advanced Communications Research Center, Sunghyun Choi.

Dunia membutuhkan waktu 15 tahun untuk mencapai jaringan 3G dari jaringan 2G, dan sejak itu, 5G tersedia dalam hanya 8 tahun setelahnya. Samsung mengharapkan tren ini untuk percepatan lebih lanjut di masa depan. Mereka memperkirakan kecepatan data maksimal 1.000 gigabit per detik dengan latensi yang lebih rendah dari 100 mikrodetik dan 50 kali kecepatan data maksimal 5G. Performa dan persyaratan arsitektur untuk 6G akan mencakup berbagai optimisasi untuk meningkatkan desain jaringan dan mengatasi keterbatasan perangkat mobile.

Menariknya, fleksibilias koneksi generasi berikutnya akan menghadirkan integrasi jaringan yang lebih baru dan bahkan aplikasi AI. Meski demikian, penggunaan AI juga harus hadir dengan kepercayaan tertentu mengenai keamanan dan privasi, yang keduanya merupakan kekhawatiran utama yang kemungkinan akan muncul.

Share
back to top