sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Selasa, 17 Nov 2020 10:48 WIB

Samsung rillis Smart Monitor, bisa streaming Netflix

Seperti Smart TV, monitor pintar dari Samsung tersebut juga dilengkapi remote control dengan dukungan asisten suara Bixby 2.0, Alexa, dan Google Assistant.

Samsung rillis Smart Monitor, bisa streaming Netflix
Source: Samsung via The Verge

Bukanlah hal yang aneh bagi Samsung jika merilis sebuah monitor komputer unik, seperti Space Monitor yang meluncur tahun lalu dengan fleksibilitas tinggi sehingga mirip dengan desktop Microsoft Surface Studio. Baru-baru ini perusahaan Korea Selatan tersebut merilis Smart Monitor, diklaim sebagai monitor pertama yang menggabungkan layanan media streaming, konektivitas mobile, dan kemampuan PC jarak jauh. Dilansir dari The Verge (17/11), monitor tersebut adalah Samsung M5 yang terdiri dari ukuran 27 inci dan 32 inci. Ada pula Samsung M7 dengan ukuran 32 inci serta resolusi 32 inci.

Smart Monitor dari Samsung diinformasikan memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan Space Monitor. Seperti jajaran TV Samsung, Smart Monitor tersebut berjalan di atas sistem operasi Samsung Tizen OS dan dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi agar dapat melakukan streaming konten dari aplikasi seperti Hulu, Netflix, Apple TV, YouTube, dan sebagainya tanpa perlu menghubungkan perangkat tambahan.

Tidak ketinggalan pula dukungan HDR10 agar kontras yang diberikannya lebih baik. Selain itu, pengguna juga dapat menginstal aplikasi lain dari toko aplikasi di dalamnya, misalnya aplikasi Samsung Health. Semua seri monitor terbaru ini dapat dipasang ke dinding berkat dudukan Vesa. Agar dapat menonton tanpa tambahan speaker eksternal, Samsung menyematkan sepasang speaker 5 watt.

Seperti Smart TV, monitor pintar dari Samsung tersebut juga dilengkapi remote control dengan dukungan asisten suara Bixby 2.0, Alexa, dan Google Assistant. Karena dapat mengakses perintah suara, maka dapat dipastikan konektivitas antara monitor dan remote control menggunakan Bluetooth, bukan inframerah. Monitor ini kompatibel juga dengan AirPlay 2, sehingga mudah melakukan casting dari perangkat Apple.

Pengguna dapat menghubungkan mouse dan keyboard ke monitor via Bluetooth 4.2 dan terhubung ke Office 365 melalui virtual machine tanpa memerlukan hardware komputasi tambahan. Mereka juga dapat terhubung secara nirkabel melalui DeX, utilitas Samsung yang memungkinkan Galaxy S8 ke atas memberi daya pengalaman PC seperti desktop di monitor. Monitor ini dilengkapi NFC untuk beragam keperluan.

Smart Monitor M7 memiliki kelengkapan konektivitas lengkap, yang menyertakan USB-C (mampu menampilkan video DisplayPort, transfer data, dan daya hingga 65 watt), 2 port HDMI 2.0, dan 3 port USB-A 2.0 untuk keperluan data. Sedangkan Smart Monitor M5 dilengkapi dengan 2 port HDMI 2.0, dan 2 port USB-A.

Untuk harga, Samsung M7 dijual dengan banderol USD400 (Rp5,6 juta). Sedangkan M5 ukuran 27 inci dijual dengan USD230 (Rp3,2 juta), M5 ukuran 32 inci dijual dengan USD280 (Rp3,9 juta). Secara keseluruhan, mungkin Smart Monitor ini mirip Smart TV, tetapi tanpa port antena.

Share
×
tekid
back to top